Presiden FIFA Bela Qatar Usai Banyak Kontroversi di Piala Dunia 2022

Presiden FIFA Gianni Infantino membela Qatar dari kritik pedas berbagai kalangan terkait larangan minum bir, isu LGBT dan berbagai hal di Piala Dunia 2022

Presiden FIFA Bela Qatar Usai Banyak Kontroversi di Piala Dunia 2022
Presiden FIFA Gianni Infantino bela Qatar usai banyak kontroversi di Piala Dunia 2022. Gambar : REUTERS/Leonhard Foeger

BaperaNews - Presiden FIFA Gianni Infantino membela Qatar menjelang Piala Dunia 2022. Pembelaan diberikan menjelang kick off Piala Dunia 2022 laga tuan rumah vs Ekuador.

Gianni Infantino mengecam banyaknya kritikan pedas untuk Qatar yang sebagian besar datang dari Eropa, karena masalah larangan minum bir selama pertandingan. Qatar selama ini dikenal sebagai Negara islam yang memiliki aturan larangan minum minuman keras di tempat umum.

FIFA sendiri juga ikut mendapat kecaman karena memilih Qatar sebagai tuan rumah.

“Apa yang dilakukan orang Eropa kami harus minta maaf sebelum memberi pelajaran moral. Reformasi dan perubahan butuh waktu, satu-satunya cara untuk mendapat hasil ialah dengan melibatkan, bukan dengan berteriak” ujarnya dalam konferensi pers pada Sabtu (19/11) di Doha, Qatar.

Presiden FIFA, Gianni Infantino kemudian membahas tentang keuntungan diadakannya Piala Dunia 2022 di Qatar, ia menyampaikan dengan tegas FIFA mendapat untung jauh lebih sedikit dibanding para perusahaan Eropa yang berbisnis di Qatar.

Baca Juga : Karim Benzema Dipastikan Absen Piala Dunia 2022 Usai Cedera

“Berapa banyak penghasilan dari perusahaan Eropa atau Barat yang menghasilkan uang jutaan miliar dari Qatar? Berapa banyak dari mereka yang telah mendapat hak migran dengan pihak berwenang? Jika Anda mengubah Undang-undang, artinya lebih sedikit keuntungan. FIFA mendapat jauh lebih sedikit dari perusahaan ini dari Qatar, saya tidak harus membela Qatar dengan cara apapun, mereka bisa membela diri, saya membela sepakbola disini dan ketidakadilan” terangnya.

Qatar dibayang-bayangi adanya kabar pelanggaran hak asasi manusia kepada para pekerja migran, sorotan isu LGBT, dan adanya larangan minum bir ketika Piala Dunia 2022.

Gianni Infantino  tidak memungkiri Piala Dunia 2022 Qatar ini tidak sempurna, namun ia juga menyebut adanya kritik tajam yang datang dari Eropa sangat tidak adil dan menuduh pihak Eropa serta Barat melakukan standar ganda.

Fans dari Negara-negara barat biasa minum bir sambil menonton laga sepakbola, sedangkan Qatar memiliki aturan tegas untuk melarangnya. Tentu laga yang dijalankan di suatu Negara tetap wajib mengikuti aturan dari Negara tersebut.

Piala Dunia 2022 Qatar akan dimulai dengan laga Qatar vs Ekuador di Stadion Al Bayt Al Khor hari ini Minggu (20/11) mulai jam 23.00 WIB. Anda bisa menyaksikan siaran langsungnya di SCTV.

Baca Juga : Sah! Qatar Larang Penjualan Bir Di Stadion Piala Dunia 2022