Perbedaan Perawatan Wajah untuk Pria dan Wanita

Wajah pria dan wanita memiliki kulit wajah yang berbeda untuk melakukan perawatan. Yuk simak alasan kenapa kulit wajah pria dan wanita itu berbeda.

Perbedaan Perawatan Wajah untuk Pria dan Wanita
Perbedaan perawatan wajah Pria dan Wanita. Gambar : beautynesia

BaperaNews - Baik pria maupun wanita penting untuk menjaga kesehatan kulit dan wajah, para pria kini sudah mulai sadar akan hal tersebut, itulah sebabnya banyak produk perawatan kulit ditujukan khusus untuk pria semakin banyak beredar.

Wajah yang  bersih dan kulit yang sehat bisa menunjang penampilan, membuat penampilan lebih segar, bersih, bersinar, dan tentunya menambah kecantikan atau ketampanan seseorang. Namun perlu diketahui dulu apa bedanya kulit wajah pria dan wanita.

Yuk Simak Perbedaan Kulit Wajah Pria dan Wanita, Sebagai Berikut :

  1. Kulit pria mudah mengelupas

Kulit pria mudah mengelupas, sebab itu dalam proses membersihkan wajah pria dibutuhkan perhatian ekstra, pria dianjurkan memakai pembersih wajah dengan scrub. Sebab itu sebaiknya para pria memilih pembersih wajah yang memang dikhususkan untuk pria.

  1. Pori-pori

Pori-pori pria lebih besar dan produksi minyaknya juga lebih banyak, karenanya pria lebih rentan berkomedo, kusam, atau berjerawat apalagi jika tidak mencuci wajah secara teratur setelah melakukan kegiatan di luar ruangan. Kondisi ini dipengaruhi oleh hormone pria yaitu testosteron.

  1. Siklus hormon

Kulit wanita lebih mudah berpigmentasi karena punya siklus hormonal yang berpengaruh pada warna kulit, karenanya wanita lebih banyak membutuhkan pencerah kulit dibanding pria.

Baca Juga : Menahan Kentut Ternyata Bisa Menyebabkannya Keluar Lewat Mulut

  1. Kadar kolagen

Kulit pria punya kadar kolagen lebih tinggi 25% dari wanita, membuat kulit pria bisa lebih awet muda dan lebih tebal dibanding wanita, sebab itulah jarang ada produk anti aging untuk pria.

  1. Rambut wajah

Perawatan kulit pria juga berhubungan dengan rambut seperti kumis dan jenggot. Pria butuh perhatian ekstra saat mencukur kumis, sebaiknya hindari bercukur setiap hari agar tidak menimbulkan masalah di kulit seperti kulit kering atau ingrown hair (rambut tumbuh ke dalam).

Tips perawatan wajah dan kulit untuk pria ialah  pakai krim pencukur, cuci muka dengan sabun, pakai sunscreen, pakai pelembab bibir, lakukan peeling secara berkala, hindari make up, dan pilih produk yang ditujukan untuk kulit pria.

Sedangkan perawatan untuk wanita sebaiknya merawat kulit dan wajahnya dengan cara cuci muka dengan sabun, pakai pelembab dan sunscreen sesuai jenis kulit, pakai make up dengan skincare, pakai pelembab bibir, rutin pakai serum anti aging dan pencerah, peeling 1-2 kali seminggu, dan hindari berada di bawah panas matahari secara langsung dalam waktu yang lama.