Pembalap Formula E Tidak Perlu Jajal Sirkuit Ancol, Langsung Balapan

Sebelum ajang balapan Formula E diselenggarakan pada 4 Juni 2022 mendatang, para pembalap Formula E Jakarta tidak akan menjajal lintasan Sirkuit Ancol terlebih dahulu.

Pembalap Formula E Tidak Perlu Jajal Sirkuit Ancol, Langsung Balapan
Pembalap Formula E Tidak Perlu Jajal Sirkuit Ancol, Langsung Balapan. Gambar : AFP/ Dok. David Dee Delgado

BaperaNews - Sebelum ajang balapan bertema Jakarta E-Prix 2022 yang akan diselenggarakan pada 4 Juni 2022 mendatang, para pembalap Formula E Jakarta tidak akan menjajal lintasan Sirkuit Ancol terlebih dahulu.

Ahmad Sahroni yang merupakan Chairman Organizing Committee Jakarta E Prix menjelaskan bahwa hal tersebut dilakukan karena para pembalap sebelumnya telah melakukan persiapan dengan menggunakan simulator.

Dalam pertemuannya di Jakarta Internasional Stadium, Jakarta Utara, pada hari Minggu (22/05/2022) kemarin, Sahroni menegaskan bahwa para pembalap tidak akan melakukan tes lintasan, mereka langsung main karena sebelumnya mereka telah main dengan menggunakan simulator.

Selain itu, Sahroni pun melanjutkan bahwa balapan Formula E ini berbeda dengan balapan Formula One atau yang biasa dikenal dengan istilah F1. Sahroni menjelaskan bahwa banyak lintasan sirkuit Formula E yang berada di negara lain merupakan sirkuit yang baru. Berdasarkan hal tersebut, Sahroni pun membuat suatu keputusan dimana para pembalap Formula E tidak perlu melakukan uji lintasan.

Sahroni kemudian menjelaskan alasannya yaitu karena Formula E itu City Circuit, sehingga sirkuitnya semua rata-rata baru, oleh karena itu mereka mainnya menggunakan simulator. Hal tersebut tentu berbeda dengan ajang balapan F1. Ia menjelaskan bahwa ajang balapan F1 itu semua negara menyelenggarakannya, oleh karena itu sirkuitnya menggunakan yang sudah ada.

Sebagai informasi, berdasarkan data yang didapat oleh panitia Formula E, penjualan tiket untuk kategori VIP saat ini telah habis terjual. Kemudian tiket kategori VVIP yang dijual dengan harga Rp7,5 juta hingga Rp10 juta juga telah terjual di atas 50 persen.

Baca Juga : Program Talenta Digital Sisa 120 Ribu Kursi, Diklaim Mudah Dapat Kerja

Sementara itu, untuk tiket grandstand yang memiliki kapasitas hingga 10 ribu kursi telah terjual hingga 70 persen. Sedangkan untuk tiket dengan kategori Ancol Festival yang berada di luar area sirkuit Formula E baru terjual 15 persen.

Selain itu, diketahui bahwa sebanyak 22 mobil untuk ajang balapan Formula E tersebut telah tiba di kawasan Sirkuit

Dalam pernyataannya pada hari Minggu (22/05/2022), Gunung Kartiko selaku Direktur PT Jakarta Propertindo mengkonfirmasi bahwa sebanyak 22 mobil beserta kelengkapannya telah tiba.

Kargo dari mobil balap tersebut ditangani oleh perusahaan jasa groundhanding, yaitu PT Jasa Angkasa Semesta (JAS Airport Services).  

Berdasarkan informasi yang didapat, keperluan untuk sarana dan prasarana dalam ajang balap Formula E tersebut telah tiba menggunakan pesawat Qatar Kargo B747 800.

Ageng Wibowo yang merupakan Corporate Communication Manager JAS Airport Services menyampaikan bahwa kargo Formula E telah tiba di Bandara Soekarno-Hatta dan diangkut menggunakan pesawat Qatar Kargo B747 800 sekitar jam 6 pagi.

Baca Juga : Pakar Duga Google Dibangkrutkan Rusia Untuk Balas Dendam AS