PBESI Batal Kirim Atlet Di 4 Cabor Esports SEA Games 2021 Vietnam

PBESI ungkap bahwa pihaknya akan membatalkan 4 nomor cabang olahraga esports dalam perhelatan SEA Games 2021 di Vietnam!

PBESI Batal Kirim Atlet Di 4 Cabor Esports SEA Games 2021 Vietnam
Sea Games Hanoi 2021. Gambar : Twitter/@sea_sports_news

BaperaNews - Pengurus Besar Esports Indonesia (PBESI) mengumumkan bahwa akan membatalkan 4 nomor cabang olahraga (cabor) esports dalam perhelatan SEA Games 2021.

Hal ini sesuai dengan keputusan Pemerintah Indonesia melalui tim review Peningkatan Olahraga Nasional (PPON) Kemenpora yang melakukan perampingan jumlah kontingen yang berangkat ke SEA Games 2021 Vietnam.

Karena keputusan tersebut, seluruh kontingen dari berbagai cabang olahraga (cabor) termasuk esports terkena imbas perampingan hingga 43,4 persen. Dari total keseluruhan 841 atlet dari 52 cabor, hanya 476 atlet dari 31 cabor yang diberangkatkan ke SEA Games 2021 Vietnam.

Ketua Tim review PPON Moch Asmawi menyampaikan bahwa perampingan tersebut dilakukan setelah mengkaji dengan berbagai alasan. Beberapa di antaranya seperti tidak ada rekam jejak prestasi, tidak berpeluang medali dan memiliki permasalahan organisasi.

"Keputusan perampingan ini diambil setelah melakukan pengkajian dengan berbagai alasan, seperti tidak ada rekam jejak prestasi, tidak berpeluang medali dan memiliki permasalahan organisasi," ujar Moch Asmawi, pada Selasa (5/4/2022).

Baca juga: PUBG Mobile Berikan Banyak Hadiah Menarik Dalam Merayakan Ramadhan

Oleh karena itu, Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) sendiri memilih untuk melakukan efisiensi anggaran agar dapat memfokuskan diri lebih baik untuk menghadapi Asian Games 2022 dan Olimpiade 2022.

Untuk cabor esports sendiri, PBESI sudah memutuskan bahwa akan membatalkan keikutsertaan empat nomor pertandingan di SEA Games 2021 Vietnam. Berikut daftarnya:

  1. Arena of Valor
  2. League of Legends PC
  3. League of Legends Wild Rift (Men)
  4. League of Legends Wild Rift (Woman)

Dengan keputusan tersebut, maka tim atlet esports Indonesia hanya akan bertanding di nomor game yang tersisa yakni Mobile Legends, FIFA Online 4, PUBG Mobile Solo & Team, Cross Fire, dan Free Fire. Meski demikian, PBESI dan segenap insan esports di Indonesia tidak menyurutkan semangat juang para atlet untuk tetap memberikan yang terbaik di SEA Games 2021 Vietnam nanti.

Sehingga diharapkan dengan menampilkan performa terbaiknya dalam ajang tersebut dapat meningkatkan ekosistem esports di Indonesia dan dapat diakui oleh dunia internasional.

Diketahui sebelumnya, PBESI telah melakukan seleksi nasional dan Pemusatan Pelatihan Nasional Esports tahap 1 yang diikuti oleh 66 orang atlet dari 10 nomor pertandingan. Setelah adanya keputusan ini, maka hanya aka nada sekitar 38 atlet dan 12 official dari 6 nomor pertandingan yang akan berangkat ke SEA Games 2021 Vietnam.

Baca Juga: Siap-Siap! ESL Gaming Dan Qualcomm Akan Menggelar Turnamen Snapdragon Pro Series 12 April Mendatang