MTQ ke-5 Kecamatan Halongonan Timur  Secara Resmi Dibuka

Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) Ke V Kecamatan Halongonan Timur di Kabupaten Padang Lawas Utara telah resmi dibuka. Simak selengkapnya di sini!

MTQ ke-5 Kecamatan Halongonan Timur  Secara Resmi Dibuka
MTQ ke-5 Kecamatan Halongonan Timur  Secara Resmi Dibuka. Gambar: Dok. Istimewa

BaperaNews - Penjabat (Pj) Bupati Padang Lawas Utara, Patuan Rahmat Syukur P. Hasibuan, SSTP., MM., diwakili oleh Asisten III Maralobi Siregar, S.Sos., MM., hadir dan secara resmi membuka Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) ke V Tingkat Kecamatan Halongonan Timur. Acara ini digelar di Halaman Kantor Camat Halongonan Timur Siancimun pada Kamis (06/03).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh sejumlah tokoh, seperti:

  • Camat Halongonan Timur Ahmad Sukri Siregar, S.STP, M. AP
  • Bhabinkabtibmas, Babinsa
  • Sekcam Halongonan Timur Harry Mangaraja Harahap
  • Kepala Desa se-Kecamatan Halongonan Timur
  • Ketua KUA Kecamatan Halongonan Martua Raja Daulay
  • Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat
  • Peserta Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ)
  • Tamu undangan lainnya.

Ketua panitia MTQ ke-5 Kecamatan Haltim, Martua Raja Daulay S,Ag, menyampaikan bahwa kegiatan diikuti oleh 250 peserta utusan dari Ponpes, sekolah, dan 14 Desa se-Kecamatan Halongonan Timur.

Cabang perlombaan yang dilombakan, antara lain:

  1. Cabang Tilawah/Mujawap (tingkat anak-anak, remaja, dan dewasa).
  2. Cabang Tartil/Murottal (tingkat anak-anak, remaja, dan dewasa).
  3. Cabang Hafiz Quran (1 juz/5 juz/10 juz/20 juz/30 juz).
  4. Cabang Fahmil Quran.
  5. Cabang Syahril Quran.
  6. Cabang Khottil Quran.
  7. Cabang Tafsir Quran.
  8. Cabang Karya Tulis Ilmu Quran.

Dewan Hakim dan juri berjumlah 32 orang.

Dalam sambutannya, Camat Halongonan Timur Ahmad Syukri Siregar menyatakan bahwa pelaksanaan seleksi MTQ tingkat Kecamatan Halongonan Timur bertujuan mencari peserta terbaik yang akan mewakili dalam lomba MTQ tingkat Kabupaten Padang Lawas Utara tahun 2024.

Syukri berharap agar kafilah dari Kecamatan Halongonan Timur dapat memberikan hasil terbaik dan berprestasi di tingkat Kabupaten.

"Melalui seleksi MTQ ini, diharapkan muncul qari-qariah potensial yang mampu bersaing di tingkat kabupaten dan meraih prestasi," ungkapnya.

Penjabat (Pj) Bupati Padang Lawas Utara, Patuan Rahmat Syukur P. Hasibuan, SSTP., MM., yang diwakili oleh Asisten III Maralobi Siregar, S.Sos., MM., menyampaikan apresiasi atas kekompakan dan kebersamaan yang ditunjukkan oleh masyarakat Kecamatan Halongonan Timur dalam pelaksanaan MTQ ke V Tingkat Kecamatan Halongonan Timur.

Kegiatan MTQ ini merupakan bagian dari upaya membentuk karakter generasi muda Kabupaten Padang Lawas Utara yang unggul, berkarakter, religius, berbudaya, kreatif, dan inovatif.

Maralobi juga memberikan ucapan selamat kepada semua peserta dan mengingatkan untuk menunjukkan kemampuan sebaik mungkin.

"Harapannya, para peserta dapat mengikuti MTQ dengan sebaik-baiknya sebagai momentum untuk meningkatkan pengetahuan, pemahaman, dan pengamalan isi kandungan Al-Qur’an. Dengan demikian, peserta diharapkan bisa meraih nilai terbaik di tingkat Kabupaten Padang Lawas Utara dan bahkan mampu membawa nama baik Kabupaten tersebut dalam MTQ tingkat Provinsi hingga Nasional," pungkasnya.

(Haryan).