Meski Piala Dunia U20 Batal, Gibran Rakabuming Sebut Ada Ajang Lain di Tanah Air

Walikota Surakarta Gibran Rakabuming mengatakan PSSI sudah siapkan ajang internasional lainnya sebagai pengganti Piala Dunia U-20 2023 yang batal dilaksanakan di Indonesia. 

Meski Piala Dunia U20 Batal, Gibran Rakabuming Sebut Ada Ajang Lain di Tanah Air
Meski Piala Dunia U20 Batal, Gibran Rakabuming Sebut Ada Ajang Lain di Tanah Air. Gambar : Medcom.id/Dok. Triawati Prihatsari

BaperaNews - Walikota Surakarta Gibran Rakabuming menanggapi masalah FIFA yang lakukan pembatalan status tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 padahal Indonesia telah lakukan persiapan selama 4 tahun sejak tahun 2019. Gibran meminta agar hal ini diambil positifnya, diambil pelajarannya.

Stadion yang sebelumnya disterilkan karena akan dijadikan tempat berlaga kini setelah pembatalan status tuan rumah, sudah bisa dipakai kembali untuk ajang yang lain.

“Nggakpapa, jadikan pembatalan status tuan rumah ini pelajaran. Saat ini kita fokus Persis saja, lagi bagus namanya, kami dorong dan kami dukung agar bisa bermain lagi di Stadion Manahan. Kemarin Persebaya langsung hubungi saya agar laga Persebaya vs Persis Solo bisa dilakukan di Manahan” tutur Gibran.

Menurut Gibran Rakabuming, Ketum PSSI Erick Thohir juga sudah siapkan ajang internasional lainnya sebagai pengganti Piala Dunia U-20 2023 yang batal dilaksanakan di Indonesia. 

Baca Juga : Resmi! FIFA Batalkan Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2023

“Sudah siapkan plannya, ada plan B plan C InsyaAllah bisa jalan, tunggu aja. Tahun ini, apa yang dianggarkan kemarin, untuk renovasi stadion jadinya tidak mubazir” lanjutnya.

Untuk masalah pendapatan asli daerah (PAD) yang berpeluang didapat dari ajang Piala Dunia U-20, Gibran tidak mempermasalahkan. “Cari event lain, nggak usah dipermasalahkan” pungkas Gibran.

Gibran sebelumnya menyatakan rasa kecewanya jika sampai status tuan rumah Indonesia dibatalkan, sebab pihaknya sudah siapkan sedemikian rupa, namun kini Gibran memilih untuk mengambil positifnya, tak perlu berlarut, jadikan pembelajaran dan semangat untuk event-event lainnya.

Hal senada disampaikan oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, ia meminta para pemain Timnas Indonesia tetap semangat. “Harus semangat terus, ini kan bukan kiamat. Harus tetap berlatih membangun sepakbola kita dengan utuh dan serius. Semangat, banyak event sudah kita siapkan” kata Ganjar.

Diketahui FIFA resmi membatalkan status Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023, awalnya dengan status tersebut, Indonesia akan bisa ikut tampil untuk mendapat pengalaman baru bertemu tim-tim berbagai negara.

Karena telah dibatalkan, secara otomatis Timnas Indonesia juga batal jadi pesertanya. Namun hal ini bukan akhir segalanya, masih ada event-event lain yang juga harus disiapkan dengan serius, tidak hanya Piala Dunia. Semangat dan sukses selalu untuk Timnas Indonesia! Masih ada berbagai event internasional lain yang juga tak kalah seru dibanding Piala Dunia.

Baca Juga : Kerugian Indonesia Setelah Batal Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2023