FIFA: Piala Dunia 2030 Resmi digelar di 6 Negara dan 3 Benua

FIFA resmi menetapkan Maroko, Spanyol, dan Portugal sebagai tuan rumah Piala Dunia 2030.

FIFA: Piala Dunia 2030 Resmi digelar di 6 Negara dan 3 Benua
FIFA: Piala Dunia 2030 Resmi digelar di 6 Negara dan 3 Benua. Gambar : Instagram/@fifa

BaperaNews - Piala Dunia 2030 dipastikan digelar di 3 benua dan 6 negara. Hal ini menjadi sejarah baru yang dicatat FIFA di dunia sepakbola. FIFA baru saja menunjuk tuan rumah untuk Piala Dunia 2030 yakni di Maroko, Spanyol, dan Portugal.

Namun laga tidak hanya digelar di ketiga negara tersebut. FIFA membuat gebrakan baru dengan menambahkan tuan rumah incidental. 3 tuan rumah lain yang terpilih adalah Argentina, Paraguay, dan Uruguay dimana di ketiga negara itu digelar 3 laga pertama Piala Dunia 2030.

Keputusan ini diambil dalam rangka peringatan 100 tahun Piala Dunia. Piala Dunia pertama kali digelar pada tahun 1930 dan Uruguay menjadi negara tuan rumah pertama kala itu.

Adapun Argentina menjadi negara yang berhasil lolos ke final sebelum ia dikalahkan oleh Uruguay. Kemudian markas Konfederasi Sepakbola Amerika Selatan (CONMEBOL) ada di Paraguay.

Maka dengan pertimbangan itu, Argentina, Paraguay, dan Uruguay ditetapkan jadi tuan rumah tambahan khusus untuk 3 laga awal Piala Dunia 2030 sedangkan pembukaan resmi tetap dilakukan oleh FIFA di Maroko, Spanyol, dan Portugal.

Baca Juga : Jordi Amat Dicoret Dari Timnas Indonesia Jelang Lawan Brunei

Dengan demikian, edisi Piala Dunia 2030 menjadi yang pertama kali digelar di 3 benua dan 6 negara berbeda sekaligus. Untuk Maroko, ini adalah kali pertama mereka menjadi tuan rumah. Maroko pernah mengajukan diri jadi tuan rumah pada tahun 1994, 1998, 2006, 2010, dan 2026 namun belum terpilih.

Bagi Portugal, Piala Dunia 2030 juga menjadi kali pertama untuk mereka menjadi tuan rumah. Sebelumnya Portugal mengajukan diri pada tahun 2018 dan 2022 namun belum terpilih sementara Spanyol sudah pernah jadi tuan rumah Piala Dunia.

Dengan demikian, Piala Dunia 2030 sudah ditentukan siapa saja tuan rumahnya. Pagelaran ini diperkirakan lebih meriah dan unik dari sebelumnya mengingat event dilakukan di berbagai negara yang tentunya bisa memberi pengalaman baru untuk para pemain maupun negara yang terpilih jadi tuan rumahnya.

Meski terbilang masih lama, segala persiapan mulai dilakukan. Adapun untuk edisi 2034 FIFA mungkin akan menerima tawaran dari Konfederasi Sepakbola Asia (AFC) dan Konfederasi Sepakbola Oseania (OFC) karena UEFA, CONMEBOL, CAF, dan CONCACAF sudah jadi tuan rumah untuk edisi 2026 dan 2030.

@baperanews.com Piala Dunia 2030 dipastikan digelar di 3 benua dan 6 negara. Hal ini menjadi sejarah baru yang dicatat FIFA di dunia sepakbola. FIFA baru saja menunjuk tuan rumah untuk Piala Dunia 2030 yakni di Maroko, Spanyol, dan Portugal #fifa #pialadunia2030 #viral #baperanews ♬ Sequência da Dz7 - MC Menor Do Alvorada & TRASHXRL

Baca Juga : Erick Thohir: Timnas Indonesia VS Brunei Darussalam Tak Digelar di Palembang