Mengenal Taman Nasional Komodo, Tempat Dimana Spesies Reptil Purba Hidup

Selain terkenal dengan spesies reptil purba yang masih hidup, Taman Nasional Komodo juga memiliki berbagai macam daya tarik lainnya yang dapat menghipnotis wisatawan dalam sekejap!

Mengenal Taman Nasional Komodo, Tempat Dimana Spesies Reptil Purba Hidup
Spesies reptil purba di Taman Nasional Komodo. Gambar: freepik.com

BaperaNews - Saat ini popularitas Pulau Komodo semakin mengalami peningkatan. Selain menjadi tempat pelestarian keanekaragaman hayati, Taman Nasional juga dapat dikunjungi sebagai destinasi wisata sama hal nya dengan pulau komodo yang merupakan salah satu Taman Nasional dimana salah satu spesies reptil purba hidup.  Taman Nasional Komodo sendiri terletak di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Pulau Flores, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Taman nasional Komodo ini terdiri dari tiga pulau besar termasuk Pulau Komodo, Pulau Rinca, dan Pulau Padar.  Selain memiliki tiga pulau besar, Taman Nasional Komodo juga terdiri dari pulau kecil seperti Pulau Gili Motang dan Pulau Nusa Kode.

Soal destinasi wisata, taman nasional ini memiliki banyak sekali daya tarik, mulai dari pantai, bukit hingga tempat untuk melihat sunset yang indah. 

Daya Tarik Taman Nasional Komodo

Berdasarkan penjelasan yang terdapat dalam ksdae.menlhk.go.id, kawasan taman nasional Komodo terdapat beberapa spesies hewan dan tumbuhan dan spesies yang paling terkenal adalah spesies reptil purba yaitu komodo. Selain itu Fauna di sini berasal dari  Asia dan Australia. Ada 32 jenis mamalia, 128 jenis burung, dan 37 jenis reptil. Selain itu, 25 spesies hewan darat dan burung  termasuk dalam daftar hewan yang dilindungi, dengan pembatasan jumlah dan persebarannya.

Selain terkenal dengan reptil purba, Keindahan Pulau Komodo lainnya juga bisa dilihat dari kekayaan alam bawah lautnya. Pulau Komodo disebut sebagai tempat terbaik untuk menyelam. Dimana kawasan ini menjadi jantung dari terumbu karang kawasan Asia Pasifik, sehingga tidak diragukan lagi keindahan bawah laut serta terumbu karangnya. Pesona Menakjubkan lainnya yang dimiliki Pulau  ini adalah Pink Beach dimana wisatawan dapat menemukan hamparan pasir pantai yang berwarna merah muda, warna pasir tersebut dihasilkan dari serpihan koral yang hancur sehingga menyatu dengan pasir pantai dan menghasilkan warna merah muda.

Jika berkunjung ke Pulau Komodo kurang lengkap jika tidak mendaki puncak pulau padar. Meskipun membutuhkan tenaga serta waktu untuk mencapai puncaknya tapi semua itu akan terbayar ketika melihat gugusan bukit serta lautan dari atas bukit. 

Segala keindahan yang dimiliki oleh Taman Nasional Komodo memang patut menjadikannya salah satu destinasi wisata yang paling diminati oleh semua kalangan baik dari dalam negeri maupun luar negeri.