Megawati Pinang Ridwan Kamil Sebagai Cawapres Ganjar Pranowo

Megawati Soekarnoputri memilih Ridwan Kamil sebagai potensi cawapres untuk mendampingi Ganjar Pranowo dalam pertarungan politik mendatang.

Megawati Pinang Ridwan Kamil Sebagai Cawapres Ganjar Pranowo
Megawati Pinang Ridwan Kamil Sebagai Cawapres Ganjar Pranowo. Gambar : Pemprov Jabar

BaperaNews - Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Megawati Soekarnoputri telah meminang Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil untuk menjadi calon wakil presiden (cawapres) pendamping Ganjar Pranowo.

Menurut Wakil Ketua Umum DPP Golkar, Ahmad Doli Kurnia, tawaran dari Megawati diberikan saat pertemuan antara Ridwan Kamil dan Megawati beberapa waktu lalu.

“Pak RK diundang oleh Bu Megawati kemudian ditawarkan jadi wakil presiden,” ungkap Doli saat diwawancarai di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (13/9).

Alasan utama pemilihan Ridwan Kamil menjadi cawapres oleh Megawati untuk mendampingi Ganjar Pranowo sebagaimana PDIP percaya bahwa Ganjar membutuhkan sosok pendamping yang dapat memperkuat elektabilitas di Jawa Barat.

“Latar belakangnya karena Pak Ganjar membutuhkan figur yang bisa memperkuat di Jawa Barat," jelas Doli.

Namun, meskipun telah menerima tawaran dari Megawati, Ridwan Kamil yang kini merupakan kader dari Partai Golkar harus menjalani prosedur dan peraturan internal partainya. Doli menekankan bahwa keputusan apapun yang melibatkan kader Golkar seharusnya dibahas secara resmi.

Baca Juga : Megawati: Untuk Para Kades Pilihlah Presiden Seperti Bapak Jokowi

"Kalaupun ada perubahan, itu diserahkan pada Pak Airlangga Hartanto," tutur Doli, menyinggung bahwa Airlangga memiliki mandat penunjukkan capres atau cawapres dari Golkar.

Diluar pertemuan dengan Megawati, Ridwan Kamil juga sempat bertemu dengan bakal capres Koalisi Indonesia Maju, Prabowo Subianto. Dalam pertemuan yang diunggah oleh Prabowo melalui akun Instagramnya pada Kamis (14/9) dini hari, terlihat suasana hangat dan akrab. Bahkan, Prabowo mencatat bahwa ia mendapatkan oleh-oleh cilok dari Ridwan Kamil.

Sebagai informasi tambahan, berdasarkan hasil survei Litbang Kompas pada periode 27 Juli-7 Agustus 2023, elektabilitas Ridwan Kamil berada pada posisi teratas di bursa cawapres dengan persentase sebesar 8,4%. Survei ini mengukur opini dari 1.364 responden yang tersebar di 38 provinsi Indonesia.

Sebagai kader baru Partai Golkar dan mantan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil memang menjadi salah satu figur yang paling ditunggu keputusannya dalam kontestasi politik mendatang. Tawaran dari Megawati tentunya menambah ketegangan dalam peta politik nasional, terutama mengenai siapa yang akan menjadi cawapres Ganjar Pranowo dari PDIP.

Dengan semakin panasnya perbincangan mengenai kontestasi politik mendatang, masyarakat tentunya menantikan bagaimana respons dan keputusan akhir Ridwan Kamil terhadap tawaran dari PDIP serta dinamika politik yang terus berkembang.

Baca Juga : Ganjar Pranowo Bakal Jadi Capres PDIP dan PPP di Pemilu 2024