Kronologi Kerusuhan di New York, Gegara Giveaway PS5

Kai Cenat, streamer game populer, menyelenggarakan ajang giveaway PS5 yang berakhir dalam kekacauan di New York.

Kronologi Kerusuhan di New York, Gegara Giveaway PS5
Kronologi Kerusuhan di New York, Gegara Giveaway PS5. Gambar : Reuters

BaperaNews - Ajang giveaway PS5 yang dilakukan seorang influencer streamer game Kai Cenat di New York berujung kerusuhan. Ratusan anak muda terjebak di kerusuhan tersebut.

Kai Cenat sebagai penyelenggaranya kini terancam dituntut berbagai dakwaan terlebih ternyata acara diselenggarakan tanpa izin pihak kepolisian setempat.

Kerusuhan di New York akibat acara giveaway PS5 yang diadakan Kai Cenat terjadi pada hari Jumat (4/8).

Bermula dari siaran Twitch pada Rabu (2/) dimana Kai Cenat mengumumkan dia akan berikan hadiah PS5 gratis dan perangkat teknologi game canggih terbaru lainnya untuk para pengikutnya di Union Square Manhattan New York.

Ribuan Orang Muncul Sejak Siang

Orang-orang yang didominasi anak muda pun berdatangan mulai pukul 13.00 siang, Pukul 15.30, Kai Cenat membuat postingan agar pengikutnya datang dengan maksud lebih banyak orang yang datang.

Hasilnya, ribuan anak muda berbondong-bondong ke lokasi dengan harapan mengantongi hadiah gratis yang dijanjikan Kai Cenat.

Ribuan orang telah datang, namun acara giveaway PS5 yang dijanjikan Kai Cenat di Union Square Manhattan New York tak jua dimulai. Hal ini membuat para peserta kesal.

Mereka mulai saling melempar berbagai benda mulai kembang api hingga alat pertukangan. Polisi yang mengetahui insiden ini dan datang ke lokasi turut jadi korban pelemparan. 

Baca Juga : Langit New York Berubah Jadi Kuning, Banyak Polusi?

1.000 Polisi Datang ke Lokasi

Akhirnya puluhan orang terluka, ratusan polisi datang untuk bubarkan lokasi. Sekitar 65 anak muda yang dianggap sebagai provokator ditangkap. Kekerasan makin pecah. Peserta melempari polisi dengan batu, kursi, sampai naik ke stasiun kereta bawah tanah dan robohkan penghalang logam.

“Petugas kami diserang, kami didorong, petugas kami terluka. Ada banyak anak muda berjalan sambil membawa sekop sampai kapak, banyak orang terluka” kata Maddrey, seorang saksi kejadian tersebut.

New York mengumumkan mobilisasi tingkat empat yang artinya 1.000 aparat dikerahkan untuk pengamanan.

“Mereka melempar gas air mata, kami tidak lakukan apapun sampai kondisi aman. Kami menjaga diri sendiri, di luar seperti ada perang” imbuh Maddrey.

Kai Cenat Ditangkap

Kai Cenat oun ditangkap polisi untuk bertanggung jawab atas kerusuhan yang terjadi. Kai Cenat ditangkap pada pukul 17.00 dan massa akhirnya bubar. Warganet AS menyebut Kai Cenat telah berbuat kerusuhan.

Walikota New York Eric Adams berterima kasih pada polisi karena kerja cepat dalam mengendalikan situasi.

Tentang Kai Cenat

Kai Cenat ialah influencer streamer game berumur 21 tahun dengan 5,5 juta followers Instagram. Ia terkenal karena konten komedi YouTube dan streaming Twitch. Ia menjadi streamer Twitch dengan pelanggan terbanyak sepanjang masa. Kai Cenat bagian dari YouTube AMP, grup komedi beranggotakan 6 orang.

Twitch adalah platform bermain game video sambil mengobrol dengan pemain lain. Kai Cenat terbiasa live streaming sepanjang waktu untuk tingkatkan pelanggannya. Ia bahkan mewawancarai tamu dan tidur di hadapan kamera selama 30 hari.

Baca Juga : Putusan MA: New York Larang Senjata Api Di Ruang Publik