Korban Tragedi Kebocoran Gas di China Mencapai 10 Orang

Polisi akan menyelidiki kecelakaan gas terbaru di China dan akan meminta keterangan pada korban kebocoran gas di china

Korban Tragedi Kebocoran Gas di China Mencapai 10 Orang
Kebocoran Gas di China menewaskan 10 orang. Gambar : Ilustrasi Kreator BaperaNews Via Canva

BaperaNews - Terjadi kecelakaan akibat kebocoran gas di China yang menewaskan 10 orang dan 3 orang lainnya luka-luka. Kecelakaan terjadi di pabrik kimia Ordos di Inner Mongolia. Kecelakaan terjadi karena adanya gas bertekanan tinggi yang menyebar pada pekerja yang berada di ketinggian sehingga membuat mereka jatuh. Peristiwa terekam oleh CCTV dan diungkap pada publik pada hari Jumat (8/9).

Para pekerja yang berada di ketinggian merasa terganggu dengan gas yang tiba-tiba muncul diantara mereka. Hal ini membuat para pekerja panik dan tidak sedikit yang pingsan. Akibatnya, para pekerja jatuh dari ketinggian ke bawah. Membuat banyak korban tewas. Korban luka masih menjalani perawatan intensif di rumah sakit. Para korban belum bisa dimintai keterangan karena masih dalam perawatan.

Awalnya hanya 1 orang yang dinyatakan tewas namun kemudian jumlah korban tewas terus bertambah. Para korban tewas ketika menjalani perawatan. Kecelakaan akibat kebocoran gas di China ini diduga karena protokol keselamatan yang tidak maksimal. Tewasnya pekerja akibat sistem keamanan kurang tidak terjadi sekali ini saja, sebelumnya pada Februari 2023 juga terjadi insiden runtuhnya tambang batubara di Inner Mongol yang membuat 53 pekerja tewas.

Baca Juga: China Larang PNS Hingga Pejabat Pakai iPhone di Tempat Kerja

Polisi akan memeriksa pihak perusahaan terkait kebocoran gas di China ini. Nantinya mereka yang akan bertanggung jawab jika memang terbukti menjalankan pekerjaan dan membiarkan pekerja melakukan tugasnya tanpa sistem keamanan yang memadai.

Meski dikenal sebagai negara yang maju dan sarat akan teknologi canggih, pada kenyataannya di China banyak terjadi kasus tewasnya pekerja karena sistem keamanan yang kurang. Berikut daftar peristiwa kecelakaan pekerja akibat kebocoran gas di China dilansir dari https://en.m.wikipedia.org/wiki/List_of_coal_mining_accidents_in_China:

-          9 Mei 1960 terjadi ledakan gas metana di tambang batu bara Laobaidong yang menewaskan 684 orang

-          21 April 1991 terjadi ledakan gas di tambang Sanjiaohe yang menewaskan 148 orang

-          10 Juni 2020 kebocoran gas di tambang batu bara Kotya Longmen, Hancheng, Weinan, Shaanxi China menewaskan 7 orang

-          20 Oktober 2020 terjadi ledakan gas di tambang batu bara Shaanxi yang menewaskan 4 orang dan melukai 1 lainnya

-          4 Desember 2000 terjadi kebocoran gas monoksida di Distrik Yongchuan, Chongqing yang menewaskan 23 orang

Baca Juga: China Akan Larang Pakaian yang Dapat Sakiti Perasaan Bangsa