Ketua Dewan Pers Azyumardi Azra Meninggal Dunia

Ketua Dewan Pers Azyumardi Azra meninggal dunia pada Minggu (18/9/2022) setelah dirawat intensif dirumah sakit Serdang Hospital, Selangor, Malaysia

Ketua Dewan Pers Azyumardi Azra Meninggal Dunia
Ketua Dewan Pers Azyumardi Azra Meninggal Dunia. Gambar : tirto.id/Dok. Andrey Gromico

BaperaNews - Kabar duka datang dari Dewan Pers, Ketua Dewan Pers Azyumardi Azra meninggal dunia pada Minggu (18/9/2022), Ia meninggal setelah dirawat intensif dirumah sakit Serdang Hospital, Selangor, Malaysia.

Hal ini dikonfirmasi Ketua Komisi Penelitian, Pendataan, dan Ratifikasi Dewan Pers, Ninik Rahayu sebagaimana dilansir detikcom.

"Benar (meninggal dunia) saya sudah konfirmasi ke istri beliau yang juga berada disana" Ungkap Ninik Rahayu pada Minggu (18/9)

Mantan Rektor UIN tersebut harus tutup usia di umur 67 tahun, Ia dikenal sebagai cendekiawan muslim hingga saat ini. 

Azyumardi Azra Sakit Di Pesawat Dalam Perjalanan Dinas Hingga Akhirnya Dirawat Intensif

Sebelum di rawat intensif dan meninggal dunia, Beliau mengalami serangan jantung dalam penerbangan ke Kuala Lumpur pada Sabtu (17/9). Hal ini disampaikan Duta besar RI Untuk Malaysia, Hermono.

Pihak KBRI juga telah menjenguk Azyumardi yang dirawat setelah mengalami serangan jantung, dan sempat berupaya merujuk Prof Azra untuk ditangani di rumah sakit di Kuala Lumpur, Malaysia.

Sebelum menjadi Ketua Dewan Pers pada 19 Mei 2022, Karirnya menjadi Rektor UIN Syarif Hidayatullah Jakarta bisa dibilang cukup lama sejak 1998 hingga 2006.

Pada 2010, Azyumardi Azra mendapat gelar kehormatan dari kerajaan Inggris yakni Titel Commander of the Order of British Empire, dan menjadi 'Sir' pertama dari Indonesia.

Kemudian pada 2017, Azyumardi Azra mendapatkan Orde Matahari Terbit: Kelas Bintang Emas dan Perak (Order of Rising Sun: Gold and Silver Star) yang merupakan tingkat tertinggi tanda jasa itu, dari Kaisar Jepang saat itu, Akihito (Heisei).

Baca Juga : Diduga Punya Riwayat Gangguan Jiwa, Seorang Istri Di Bogor Bacok Suami