Kapolda Metro Jaya Minta Anggotanya Professional Dalam Operasi Zebra Jaya 2021

Irjan Fadil Imran selaku Kapolda Metro Jaya meminta kepada seluruh anggota yang terlibat pada Operasi Zebra Jaya 2021 untuk dapat menjaga sopan santun serta profesionalitasnya dalam melaksanakan tugas.

Kapolda Metro Jaya Minta Anggotanya Professional Dalam Operasi Zebra Jaya 2021
Polda Metro Jaya apel pasukan Operasi Zebra Jaya 2021. Gambar : Yogi Ernes/detikcom

BaperaNews - Irjan Fadil Imran selaku Kapolda Metro Jaya meminta kepada seluruh anggota yang terlibat pada Operasi Zebra Jaya 2021 untuk dapat menjaga sopan santun serta profesionalitasnya dalam melaksanakan tugas.

Dalam apel gelar pasukan Operasi Zebra Jaya di Polda Metro Jaya, Senin (15/11) pagi, Fadil menyampaikan hal tersebut didepan para anggotanya.

Fadil menegaskan bahwa anggota di lapangan harus memperhatikan attitude Ketika melaksanakan operasi, tetap menjaga sopan santun, melaksanakan tugas secara professional, dan jangan sampai ada lagi kejadian lalu lintas yang tidak sesuai dengan prosedur.

Selain itu, Fadil juga meminta kepada jajarannya agar melaksanakan tugas dengan humanis, edukatif, persuasif, simpatif, serta dengan penuh rasa tanggung jawab.

Kemudian ia juga mengingatkan kepada anggotanya untuk tidak melakukan pelanggaran dan memberikan contoh yang baik untuk masyarakat dalam melaksanakan operasi.

Fadil menuturkan bahwa jangan sampai anggota polri malah melakukan pelanggaran seperti menggunakan knalpot bising, oleh karena itu ia berharap seluruh anggota menertibkan dirinya terlebih dahulu sebelum menertibkan masyarakat.

Dalam operasi zebra ini, Fadil meminta untuk dapat memaksimalkan penggunaan kamera tilang elektronik

Bagi tempat-tempat yang belum terpasang kameranya, diharapkan dapat segera ditambah terutama pada lokasi yang berpotensi menimbulkan pelanggaran, baik di jalan tol maupun di jalan utama.

Fadil menuturkan bahwa berdasarkan pemantauan di lapangan, masih banyak ditemukan pelanggaran seperti penggunaan knalpot bising, penggunaan rotator dan sirine yang tidak sesuai peruntukan.

Selanjutnya terkait dengan penggunaan tanda nomor kendaraan bermotor (TNKB) yang tidak dipasang pada tempat yang telah disediakan oleh pabrikan.

Sebagai informasi, Operasi Zebra Jaya 2021 akan dilaksanakan selama 14 hari mulai dari hari Senin (15/11/2021) hingga hari Minggu (28/11/2021) mendatang. Dalam operasi ini, setidaknya terdapat 3.070 personel gabungan dalam pelaksanaan operasi ini.

Selain itu, Fadil pun berharap lewat Operasi Zebra Jaya 2021 ini dapat menurunkan tingkat pelanggaran serta kecelakaan lalu lintas.

Terakhir, Fadil menyampaikan operasi Zebra ini juga dapat meningkatkan kedisiplinan masyarakat dalam berlalu lintas lantaran dunia melihat Indonesia salah satunya dari cermin lalu-lintas. Jika ingin mengetahui budaya suatu bangsa maka dapat dilihat dari disiplin berlalu lintas.