Kapan Indonesia Ada WhatsApp Payment?

WhatsApp Payment telah resmi dirilis di Singapura pada pekan lalu setelah diluncurkan di Brasil dan India. Lalu kapan di Indonesia ada WhatsApp Payment?

Kapan Indonesia Ada WhatsApp Payment?
WhatsApp Payment sudah tersedia di Singapura. Gambar : Dok. WhatsApp

BaperaNews - WhatsApp Payment telah resmi dirilis di Singapura pada pekan lalu setelah diluncurkan di Brasil dan India. Di Singapura, WhatsApp Payment bermitra dengan platform Stripe untuk proses pembayarannya. Kapan Indonesia ada WhatsApp Payment?

Fitur WhatsApp Payment sendiri ialah fitur yang memungkinkan pengguna bisa melakukan pembayaran ke sebuah bisnis dengan kartu kredit, kartu debit, atau transfer dana.

Di Singapura, pembayaran bisa dilakukan dengan aplikasi PayNow Singapura, Stripe Connect, atau Stripe Checkout sehingga pembayaran bisa dilakukan online maupun offline.

“Pengguna WhatsApp di Singapura kini bisa membayar produk atau bisnis lokal barang dan jasa dengan aman melalui chat WhatsApp” tutur Leading Commerce and FinTech Stephane Kasriel pada Selasa (9/5).

Meta, induk perusahaan WhatsApp sendiri menyebut memang WhatsApp sudah menyediakan fitur pembayaran untuk beberapa bisnis saat ini, namun belum diterapkan di semua wilayah. Mereka berencana memperluas fitur ini dan menyediakan lebih banyak kerjasama bisnis dalam beberapa bulan ke depan.

Baca Juga : Fitur Multi Login WhatsApp: Satu Akun Bisa Digunakan di 4 Perangkat Sekaligus

Dengan fitur WhatsApp Payment ini, bisnis bisa diatur dan didaftarkan di WhatsApp Business yang kemudian akan memberi pengguna akun Stripe. Selanjutnya penjual dan pembeli bisa berinteraksi langsung untuk jual beli barang dan melakukan pembayaran dari chat WhatsApp.

WhatsApp (WA) sendiri pertama kali luncurkan layanan pembayaran di India pada tahun 2020 dengan jaringan UPI (Unified Payment Interface), pembayaran kemudian diperluas kepada 100 juta pengguna WhatsApp disana.

Bulan April 2023 lalu, fitur serupa dirilis di Brasil dengan sistem peer to peer. Yang terbaru di Singapura. Tidak menutup kemungkinan fitur akan diperluas ke negara lainnya.

Kapan Indonesia Ada WhatsApp Payment?

Country Director Meta Indonesia Pieter Lydian menyebut Indonesia sudah direncanakan untuk penerapan fitur WhatsApp Payment, namun dari platform ketiga.

“Tepat sekali, di Singapura sudah launch ya. Di Indonesia kalau kita lepaskan dari hal tersebut, itu ada third partner nya atau pihak ketiga payment gateway dan lain sebagainya yang kita kolaborasikan. Platform sourcing, tapi dari third party” tutur Pieter Lydian pada Selasa (16/5).

Head of Industry Meta Indonesia Aldo Rambie menambahkan, pembayaran yang dimaksud ialah off site, untuk pembayaran langsung dari aplikasi, Aldo belum mengetahuinya.

“Yang dimaksud itu offsite, dari luar, tentang payment kedepannya kami belum bisa berkomentar” pungkas Aldo Rambie.

Baca Juga : Apa Itu Fitur Direktori Bisnis Di WhatsApp? Bisa Bantu Usaha Lebih Maju!