Jokowi Resmikan Akses Jalan Tol Serang-Rangkasbitung

Jokowi resmikan jalan tol Serang-Rangkasbitung pada Selasa (16/11) Pagi. Dengan peresmian tersebut tol Serang-Rangkasbitung resmi dibuka

Jokowi Resmikan Akses Jalan Tol Serang-Rangkasbitung
Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan akses Jalan Serang-Rangkasbitung. Gambar : Youtube/Sekretariat Presiden

BaperaNews - Pada hari Selasa (16/11/2021), Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan akses jalan Tol Serang-Panimbang, Seksi I Serang-Rangkasbitung di Kabupaten Lebak, Kecamatan Rangkasbitung, Banten.

Pada hari Selasa (16/11/2021) di Serang, Banten, Jokowi menyampaikan bahwa "Dengan mengucap Bismillahnirahman'nirahim Tol Serang Panimbang seksi ruas Serang-Rangkasbitung sepanjang 26,6 Km pagi ini saya resmikan."

Namun pada tahap pertama, hanya Tol Seksi I Serang-Rangkasbitung sepanjang 26,5 kilometer (km) saja yang baru dinyatakan siap untuk beroperasi.

Adapun tol Serang-Panimbang dibagi menjadi 3 seksi yang terbentang sepanjang 83,67 Km dengan pembagian seksi I dan II atau Serang-Cileles sepanjang 50,67 Km, serta seksi III Cileles-Panimbang sepanjang 33 km.

Jokowi pun menyatakan bahwa pada akhir 2023 mendatang, ketiga ruas Jalan Tol Panimbang ditargetkan akan selesai. Jokowi pun berharap dengan adanya ketiga ruas tol baru  tersebut dapat memperlancar arus barang dan orang. 

Jokowi menegaskan bahwa kemudahan konektivitas adalah faktor penting dalam mendorong pertumbuhan ekonomi daerah.

Sebagai informasi, pembiayaan tol berasal dari sindikasi perbankan senilai Rp8,58 triliun khusus untuk 2 seksi pertama. Kemudian untuk seksi III berasal dari konstruksi pemerintah dengan anggaran biaya hingga Rp4,6 triliun.

Diketahui, investor utama proyek ini yaitu PT Wijaya Karya (Persero) Tbk dan PT PP (Persero) Tbk serta dari beberapa sindikasi bank yaitu PT Bank Syariah Indonesia Tbk, PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, Bank Panin Dubai, serta lain-lain.