Jalan Tol Pekanbaru-Padang Rampung Akhir 2023, Fahd A Rafiq: Bisa Pacu Pertumbuhan Ekonomi Riau

Proyek pembangunan jalan tol Ruas Bangkinang-Pangkalan di Sumatera genjot progresnya.

Jalan Tol Pekanbaru-Padang Rampung Akhir 2023, Fahd A Rafiq: Bisa Pacu Pertumbuhan Ekonomi Riau
Jalan Tol Pekanbaru-Padang Rampung Akhir 2023, Fahd A Rafiq: Bisa Pacu Pertumbuhan Ekonomi Riau. Gambar : Dok.Istimewa

BaperaNews - Pembangunan jalan tol Ruas Bangkinang-Pangkalan sebagai bagian dari jalan tol Pekanbaru-Padang tengah digenjot penyelesaiannya. Kementerian PUPR menargetkan penuntasan konstruksi pada Desember 2023.

Hingga kini, progres konstruksi Ruas Bangkinang-Pangkalan yang dikerjakan PT Hutama Karya telah mencapai 88,58%. Jalan sepanjang 24,7 km ini diharapkan turut mendorong pertumbuhan ekonomi Kabupaten Kampar dan Kota Pekanbaru.

Ketua Umum DPP Bapera Fahd El Fouz A Rafiq menyampaikan bahwa jalan tol ini akan memudahkan akses antara Pekanbaru dan juga kota Padang yang dimana akan berdampak pada ekonomi riau

“Jalan tol pada daerah pulau Sumatera menjadi salah satu urgensi saat ini bagi Indonesia, dengan adanya jalan tol yang menghubungan Pekanbaru dan Padang menjadikan riau menjadi mudah di akses dengan cepat dan pastinya akan berdampak pada perekonomian pada jalur tersebut.” Ujar Fahd A Rafiq, Rabu (22/11).

Kepala Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) Riau mengatakan Komisi V DPR RI sangat mendorong percepatan pembangunan jalan tol ini. Berkat dukungan DPR, pembebasan lahan berjalan lancar sehingga pembangunan jalan tol tak banyak menemui kendala.

Wakil Ketua Komisi V DPR RI mengapresiasi kualitas konstruksi jalan tol yang bagus. Ia berharap dalam waktu dekat, jalan tol ini bisa segera tersambung hingga Sumatera Barat.

Jalan tol yang merupakan bagian dari lintas Trans Sumatera ini dilengkapi jembatan layang yang membentang di atas lembah, sehingga pengguna jalan bisa menikmati pemandangan alam Kampar yang indah.

Dengan rampungnya ruas ini, akses transportasi antara Pekanbaru dan Padang diperkirakan makin lancar dan nyaman. Waktu tempuh bisa dipangkas hingga seperlima dibanding melewati jalan nasional.

 “Hal ini tentu berdampak positif terhadap mobilitas barang dan orang, serta potensi pertumbuhan pusat-pusat ekonomi baru di sepanjang koridor jalan tol. Pendapatan masyarakat di wilayah tersebut juga diharapkan meningkat.” Ujar Fahd A Rafiq, Rabu (22/11).

Sejalan dengan upaya pemerintah mengembangkan Indonesia dari pinggiran, pembangunan infrastruktur berkualitas seperti jalan tol sangat dibutuhkan. Apalagi Provinsi Riau memiliki peran penting sebagai penghasil sumber daya alam dan energi bagi Indonesia.

Dengan rampungnya jalan tol Pekanbaru-Padang, Riau diharapkan semakin mampu memaksimalkan potensi pertumbuhan ekonominya. Sehingga pada akhirnya mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan mendukung Indonesia menjadi negara maju.

Penulis : Ahmad G