Indonesia Jadi Tuan Rumah World Water Forum Ke-10

Indonesia terpilih menjadi tuan rumah World Water Forum (WWF) ke-10 2024, hal tersebut disampaikan dalam sidang Umum World Water Council (WWC) pada 19 Maret 2022 lalu.

Indonesia Jadi Tuan Rumah World Water Forum Ke-10
Indonesia jadi tuan rumah World Water Forum ke-10. Gambar : Dok. World Water Forum

BaperaNews - Indonesia terpilih menjadi tuan rumah World Water Forum (WWF) ke-10 2024. Terpilihnya Indonesia jadi tuan rumah World Water Forum ke-10 ini diumumkan dalam Sidang Umum World Water Council (WWC) 19 Maret 2022 lalu di Dakar, Senegal. Informasi tentang WWF bisa diakses di https://worldwaterforum.org.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengucap terima kasih pada Dewan gubernur WWC yang telah memberi kepercayaan untuk Indonesia jadi tuan rumah World Water Forum ke-10 2024.

“Kami paham keputusan ini diambil dengan proses panjang dan pertimbangan mendalam, oleh sebab itu kami sampaikan terima kasih yang setulusnya atas kerja keras dan kepercayaan Anda pada pemerintah Indonesia” ucap Basuki Hadimuljono pada Minggu 20 Maret 2022 lalu.

Apa itu World Water Forum?

World Water Forum ialah pertemuan terbesar yang membahas masalah air yang dilakukan tiap 3 tahun sekali. Pada World Water Forum ke-10 2024 kali ini akan digelar di Bali pada 18 - 24 Mei 2024.

Indonesia telah membentuk panitia nasional yang menjadi penyelenggaranya, diatur oleh Keppres 1/2023 tentang Panitia Nasional Penyelenggara WWF ke-10 2024. Ketua panitianya ialah Menko Marves Luhut Binsar dan Ketua Harian Menteri PUPR.

Sebagai tuan rumah, Indonesia akan mendorong seluruh Negara di dunia untuk mengatasi krisis air. Krisis air saat ini jadi masalah yang mengancam, tidak hanya di Negara-negara berkembang namun juga di Negara maju.

Baca Juga : Resmi! Indonesia Menjadi Ketua ASEAN 2023

Indonesia Membahas Masalah Krisis Air

Sebab itu Indonesia sebagai tuan rumah WWF ke-10 2024 akan membahas masalah krisis air yang makin nyata ini. “Krisis air terjadi hampir di semua belahan dunia, ini jadi krisis global yang wajib diantisipasi tiap Negara tak peduli itu Negara maju atau Negara berkembang, harus jadi perhatian bersama tanpa kecuali” tutur Kepala BMKG Dwikorita Karnawati Senin 20/2.

“Tidak ada beda antara Negara berkembang dan maju, sama-sama bisa menderita akibat kekeringan maupun banjir, Jadi banjir dan kekeringan ini ialah dampak yang sama dari adanya perubahan laju iklim yang diperparah dengan rusaknya lingkungan” imbuh Dwikorita.

Indonesia berkomitmen untuk memperkuat kerjasama seluruh pemangku kepentingan dalam mencapai target hak masyarakat atas air bersih dan sanitasi yang nantinya akan dibahas dalam forum WWF ke-10 2024 tersebut.

Tema WWF ke-10 2024

World Water Forum ke-10 18 - 24 Mei 2024 di Bali nantinya mengangkat tema Water for Shared Prosperity yang dibagi dalam beberapa tema pembahasan oleh PIC.

Tema World Water Forum Ke-10 :

  1. Water for Humas & Nature oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.
  2. Water Security & Prosperity oleh BNPB
  3. Disaster Risk Reduction & Management oleh BMKG
  4. Cooperation & Hydro Diplomacy oleh Kemenko Perekonomian
  5. Water & Innovative Finance oleh Kementerian PUPR
  6. Knowledge & Technologies oleh BRIN

“Kami akan susun WWF ke-10 secara aman, nyaman, dan efisien. Kita bisa bertemu di Bali untuk  merasakan kearifan lokal dan keramahannya yang luar biasa. Disertai komitmen kuat dan upaya keras serta kerjasama solid, saya yakin kita bisa penuhi tujuan bersama” tutup Basuki Hadimuljono.

Baca Juga : Amerika, Kanada, Dan Meksiko Akan Jadi Tuan Rumah Piala Dunia 2026