Heboh Video Bukit Magnet di Deli Serdang, Logam Hingga Botol Air Bisa Ketarik!

Fenomena misterius di Bukit Magnet, Deli Serdang, Sumatra Utara, memukau warga. Motor melaju sendiri tanpa mesin, dan botol plastik ikut naik ke atas.

Heboh Video Bukit Magnet di Deli Serdang, Logam Hingga Botol Air Bisa Ketarik!
Heboh Video Bukit Magnet di Deli Serdang, Logam Hinggal Botol Air Bisa Ketarik!. Gambar : Kolase Tangkapan Layar Tiktok/bang.engran.silalahi

BaperaNews - Misteri aspal bermedan magnet di Deli Serdang, Sumatra Utara menghebohkan warga. Sepeda motor tetap bisa melaju sendiri tanpa menyalakan mesin meski di tanjakan. Bukit Magnet tersebut berada tepatnya di Desa Suka Makmur, Kecamatan Kutalimbaru yang bisa ditempuh 1,5 jam dari kota Medan.

Area medan magnet berlokasi agak jauh dari rumah warga, dekat dari area berkemah yang populer. Warga ramai-ramai mencoba naik motor di tanjakan dengan mematikan mesin. Ajaibnya, kendaraan perlahan tetap naik, bergerak hingga 10 meter di jalan menanjak.

Uniknya lagi, di beberapa titik bukit magnet, kecepatan motor akan makin tinggi sehingga harus direm ketika sudah cukup jauh dari titik awal medan magnet. Belasan kendaraan baik motor maupun mobil sudah membuktikannya di lokasi.

Salah satu warga Medan bernama Roy datang bersama keluarganya menjajal aspal bukit magnet Deli Serdang yang viral. Ia datang naik mobil. Ia mengaku sudah beberapa kali lewat jalan ini untuk jalan pintas ke Kota Berastagi namun adanya medan magnet baru ia sadari belakangan sejak viral.

“Kalau kita parkir disini, persneling dinetralkan dan ruas rem tangan diturunkan, mobil bisa jalan sendiri. Saya sebenarnya pernah lewat di sini tiga kali tapi baru tau di sini ada magnetnya setelah viral. Biasanya lewat-lewat saja berkendara seperti biasa,” cerita Boy.

Baca Juga: Panel Listrik Terbakar, Satpam SMAN 6 Jakarta Tewas Gegara Hirup Udara APAR

Warga lain juga antusias ketika mencoba, kemudian kendaraannya naik sendiri ke atas.

“Woy kendaraannya jalan sendiri, ajaib bukit magnetnya,” teriak warga lain yang juga sedang mencoba.

Area medan magnet di Deli Serdang, Sumatra Utara biasanya makin ramai menjelang petang. Uji coba tidak hanya dengan kendaraan. Benda lain seperti botol minuman plastik juga naik ke atas dengan sendirinya padahal tidak ada kandungan magnet di botol.

Kepala Stasiun geofisika Kelas I Deli Serdang Sumatra Utara Agus Riyanto menjelaskan lokasi bukit magnet sudah diuji dan memang ada 32 titik magnet di dalamnya. Fenomena ini adalah murni dari alam.

“Di sana kita sudah mengukur, ada 32 titik medan magnet dengan perbedaan atau delta selisih sekitar 100 nanitesia untuk medannya sehingga tidak berbahaya bagi pengendara yang melintas di lokasi. Nah, kalau soal botol air tidak ada kandungan magnet bisa ikut naik ke atas itu unik harus dites dengan metode gravitasi. Untuk alat cek gravitasi kita belum ada, adanya di BMKG Jakarta jadi kita mau pinjam alat itu dulu nanti ada kesempatan kita lakukan pengukuran lagi,” terang Agus.

@baperanews.com Misteri aspal bermedan magnet di Deli Serdang, Sumatra Utara menghebohkan warga. Sepeda motor tetap bisa melaju sendiri tanpa menyalakan mesin meski di tanjakan. Bukit Magnet tersebut berada tepatnya di Desa Suka Makmur, Kecamatan Kutalimbaru yang bisa ditempuh 1,5 jam dari kota Medan. #sumatrautara #magnet #baperanews ♬ Dj Kara Boruto X Sound Yokoso - Donny Fernanda

Baca Juga: Surya Paloh Hanya tersenyum Atas Penetapan Mentan Syahrul Yasin Limpo Sebagai Tersangka KPK