Hasil Drawing ASEAN Cup 2024, Timnas Indonesia Gabung di Grup B

Hasil drawing ASEAN Cup 2024 menempatkan Timnas Indonesia di Grup B bersama Vietnam, Filipina, Myanmar, dan Laos. Simak selengkapnya di sini!

Hasil Drawing ASEAN Cup 2024, Timnas Indonesia Gabung di Grup B
Hasil Drawing ASEAN Cup 2024, Timnas Indonesia Gabung di Grup B. Gambar: Instagram/@aff_aseanfootball

BaperaNews - Drawing ASEAN Cup 2024 atau yang sebelumnya dikenal sebagai Piala AFF telah digelar di Hanoi, Vietnam, pada Selasa (21/5) siang WIB. Berdasarkan hasil undian, Timnas Indonesia berada di Grup B bersama Vietnam, Filipina, Myanmar, dan Laos.

Pengundian fase grup Piala AFF 2024 dilaksanakan oleh Federasi Sepak Bola Asia Tenggara (AFF) dengan melibatkan petinggi AFF dan perwakilan sponsor. Sepuluh negara peserta dibagi menjadi dua grup, masing-masing terdiri dari lima tim.

Pengundian ini menempatkan Indonesia dalam Grup B bersama Vietnam, Filipina, Myanmar, dan Laos. Sementara itu, Grup A diisi oleh Thailand, Malaysia, Singapura, Kamboja, dan pemenang play-off antara Brunei Darussalam dan Timor Leste.

Timnas Indonesia tergabung dalam Pot 2 bersama Malaysia, karena peringkat mereka tidak memungkinkan untuk berada di Pot 1. Thailand dan Vietnam yang merupakan juara dan runner-up Piala AFF 2022 otomatis menempati Pot 1. 

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, diharapkan dapat mempersiapkan skuad terbaiknya untuk menghadapi lawan-lawan tangguh di Grup B. 

Turnamen ini akan berlangsung dari 23 November hingga 21 Desember 2024. Format kejuaraan tetap seperti sebelumnya, yaitu setiap tim akan memainkan empat pertandingan di fase grup, dengan dua laga kandang dan dua laga tandang.

Tim yang finis di posisi pertama dan kedua dari setiap grup akan lolos ke babak semifinal. Pada fase gugur, format kandang-tandang akan diterapkan baik di semifinal maupun final.

Baca Juga: Shin Tae-yong Minta Kick-off Timnas Indonesia Melawan Irak di Sore Hari

Grup A juga tidak kalah seru dengan hadirnya Thailand, Malaysia, Singapura, dan Kamboja. Ditambah lagi, pemenang dari pertandingan play-off antara Brunei Darussalam dan Timor Leste akan melengkapi grup ini. Brunei dan Timor Leste harus melalui babak kualifikasi terlebih dahulu untuk mendapatkan satu tiket ke fase grup.

Sementara itu, Grup B dianggap sebagai grup yang sulit dengan kehadiran Vietnam yang menjadi pesaing kuat. Sejak pertama kali digelar pada 1996, Timnas Indonesia belum pernah meraih gelar juara di Piala AFF. 

Hasil drawing ASEAN Cup 2024 telah membuka jalan bagi persaingan antara negara-negara Asia Tenggara. Timnas Indonesia yang tergabung dalam Grup B harus mempersiapkan diri sebaik mungkin untuk menghadapi lawan-lawan mereka. 

Hasil undian yang menempatkan Indonesia di Grup B bersama Vietnam, Filipina, Myanmar, dan Laos tentunya menambah semangat para penggemar sepak bola di Tanah Air. 

Drawing ASEAN Cup 2024 ini menjadi salah satu momen penting menjelang turnamen. Dengan persaingan yang ketat, diharapkan Timnas Indonesia bisa tampil maksimal dan meraih hasil terbaik.

Hasil Lengkap Undian Grup Piala AFF 2024

  • Grup A: Thailand, Malaysia, Singapura, Kamboja, Brunei/Timor Leste
  • Grup B: Vietnam, Indonesia, Filipina, Myanmar, Laos

Baca Juga: Ini Alasan Kevin Sanjaya Resmi Pensiun Dini dari PBSI