Hadir di Aksi Bela Palestina, Menlu Retno Marsudi Tegas Bela Palestina dengan Puisi

Menlu Retno Marsudi tegaskan dukungan untuk Palestina melalui puisi emosional di aksi bela Palestina di Monas, Jakarta, menunjukkan solidaritas Indonesia.

Hadir di Aksi Bela Palestina, Menlu Retno Marsudi Tegas Bela Palestina dengan Puisi
Menlu Retno Marsudi Tegas Bela Palestina dengan Puisi di Aksi Bela Palestina di Monas. Gambar : Tangkapan layar Youtube/@wartakotaproduction

BaperaNews – Dalam kepadatan massa yang berkumpul di Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat, Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno LP Marsudi, mengukuhkan dukungan pemerintah terhadap Palestina melalui pembacaan puisi. Mengambil panggung pada Minggu pagi, 5 November 2023, Menlu Retno Marsudi menghadiri aksi bela Palestina, menyampaikan sebuah pesan kuat melalui kata-kata yang ia rangkai sendiri malam sebelumnya.

Dihadapan ribuan peserta aksi bela Palestina, Retno Marsudi bertanya kepada massa, “Ibu, Bapak semalam saya menulis puisi, apakah puisi ini boleh saya bacakan?” Mendapatkan jawaban afirmatif, ia memulai pembacaan puisi berjudul “Palestina Saudaraku,” yang merupakan manifestasi dari empati dan komitmen Indonesia terhadap perjuangan Palestina.

Puisi tersebut menggambarkan penderitaan anak-anak dan keluarga di Gaza yang menjadi korban konflik berkepanjangan. “Setiap 10 menit 1 anak wafat di Gaza,” kata Retno, menggambarkan kondisi memilukan yang dialami warga Palestina. Penggunaan kata-kata yang menyentuh ini bukan hanya mengekspresikan solidaritas, tetapi juga menekankan posisi Indonesia yang tidak akan mundur dalam membela hak-hak Palestina.

Baca Juga : Ribuan Massa Padati Monas dalam Aksi Solidaritas Bela Palestina

“Kapan kekejaman ini akan berhenti? Kapan keadilan ini akan menghampiri?” Menlu Retno Marsudi menanyakan dengan suara yang penuh keberanian. Puisi ini menegaskan bahwa Indonesia, di bawah kepemimpinan pemerintah saat ini, tetap akan berada di sisi Palestina sampai terciptanya keadilan dan kedamaian.

Aksi ini tidak hanya menampilkan Retno Marsudi sebagai pembicara, tetapi juga menunjukkan video pernyataan Retno di sidang PBB yang telah menjadi viral. Video tersebut menunjukkan betapa Indonesia, melalui Menlu Retno Marsudi, secara konsisten dan terus menerus mendukung Palestina di forum internasional.

Di dalam aksi yang menggema di jantung ibu kota, Menlu Retno tidak hanya sekedar membacakan puisi, tetapi juga menerjemahkan pesan dukungan tersebut menjadi sebuah tindakan diplomasi. “Aku dan Indonesiaku akan terus bersamamu,” tegas Retno, menandakan bahwa solidaritas Indonesia tidak hanya sebatas kata-kata, tetapi juga aksi nyata.

Kehadiran dan pembacaan puisi oleh Menlu Retno Marsudi di aksi bela Palestina ini bukan hanya mendapatkan sorotan di dalam negeri, tetapi juga mengirim pesan kuat kepada komunitas internasional tentang sikap Indonesia terhadap isu Palestina. Sebagai negara dengan mayoritas penduduk Muslim terbesar di dunia, Indonesia telah lama dikenal sebagai salah satu negara yang vokal dalam mengecam penjajahan dan mendukung perjuangan kemerdekaan Palestina.

Berikut puisi yang dibacakan Retno dalam aksi bela Palestina

Palestina Saudaraku
Retno Marsudi

Hatiku miris, karena bocah itu menangis
Dia terluka, dia tidak bisa berkata
Dia tidak tahu di mana bapak ibunya
Setiap 10 menit 1 anak wafat di Gaza
Ribuan orang tua kehilangan anak
Tak terbilang berapa ribu anak kehilangan orang tuanya

Setiap tangan tertulis nama
Mereka tidak ingin mati tanpa penanda
Rumah mereka hanya langit
Kasur mereka hanya bumi
Kapan kekejaman ini akan berhenti
Kapan keadilan ini akan menghampiri
Aku dan Indonesiaku pantang mundur akan terus membantumu
Aku dan Indonesiaku akan terus bersamamu
Sampai penjajah itu enyah dari rumahmu

Palestina kau adalah saudaraku
Dan aku, Indonesiaku akan selalu bersamamu

Baca Juga : 2 Juta Orang Diperkirakan Akan Hadir di Monas Dalam Aksi Bela Palestina