FIFA Coret Peru, Indonesia Berpeluang Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-17?

Pengamat Sepakbola Sigit Nugroho menyampaikan bahwa Indonesia berpeluang besar menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17 2023 menggantikan posisi Peru.

FIFA Coret Peru, Indonesia Berpeluang Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-17?
Indonesia Berpeluang Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-17?. Gambar : AFP/Dok. Miguel Schincariol

BaperaNews - FIFA baru saja mengumumkan membatalkan status Peru sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17 2023 karena dianggap belum memenuhi persyaratan dalam kelengkapan dan persiapannya.

Pengamat Sepakbola Sigit Nugroho menyebut hal ini bisa jadi peluang besar Indonesia jadi tuan rumah Piala Dunia U-17 2023, menggantikan posisi Peru.

“Tuan rumah (Peru) tidak mampu memenuhi komitmen untuk melengkapi infrastruktur yang dibutuhkan dalam pagelaran turnamen, terlepas dari hubungan baik antara FIFA dan FPF (federasi sepakbola Peru), telah diputuskan bahwa tidak cukup waktu untuk mengumpulkan dana yang dibutuhkan untuk menyelesaikan pekerjaan sebelum turnamen dijalankan. FIFA menyampaikan terima kasih kepada FPF yang sudah mengusahakan. FIFA berharap Peru tetap terbuka untuk penyelenggaraan event di masa depan” tutur pernyataan resmi FIFA ketika mengumumkan pembatalan status Peru sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17 2023.

Piala Dunia U-17 2023 rencananya digelar pada 10 November – 2 Desember 2023, hingga saat ini FIFA belum menentukan tuan rumah penggantinya.

Indonesia bisa saja dipilih jadi tuan rumah Piala Dunia U-17 2023 karena Indonesia sudah memiliki kelengkapan infrastruktur yang memadai, dari segi stadion dan fasilitasnya.

Baca Juga : FIFA Ungkap Alasan Coret Peru sebagai Tuan Rumah Piala Dunia U-17 2023

“Ya kalau saya lihat besar peluangnya, saya pikir terlalu riskan untuk jatuhkan sanksi kepada Indonesia. Proposal pengajuan diri sebagai tuan rumah ini akan diajukan oleh Pak Erick Thohir, ini sangat besar kemungkinannya. Setidaknya kan kita bisa satu langkah di depan Peru” tutur Sigit.

Sigit mengaku bisa berkata demikian karena mendapat informasi dari seseorang yang dekat dengan FIFA. Ia berharap, jika nantinya memang Indonesia yang terpilih, PSSI dan Menpora bisa matang dalam persiapan dan menggencarkan promosi.

“Ada juga yang perlu diperhatikan jika kita terpilih jadi tuan rumahnya, dalam hal ini menurut saya PSSI dan Menpora itu kurang promosinya. Contohnya saja theme song waktu Piala Dunia Qatar 2022 sudah terdengar dimana-mana, ini Piala Dunia sudah dekat saya cuma lihat spanduk di depannya Menpora” pungkasnya.

Erick Thohir sebagai Ketum PSSI maupun pihak dari Menpora belum memberi tanggapan terkait hal tersebut.

Hingga saat ini belum diketahui apakah Indonesia akan kembali mengajukan diri sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17 2023 mengingat menjadi tuan rumah di event sebesar Piala Dunia juga banyak mendatangkan keuntungan dari sisi ekonomi hingga wisata.

Baca Juga : Presiden FIFA Soal Piala Dunia U-20: Argentina Pantas Jadi Tuan Rumah