Pele Meninggal Dunia Akibat Kanker Usus

Pemain bola legendaris terbaik sepanjang masa yakni Pelé meninggal dunia diusia 82 tahun pada Jumat (30/12) akibat mengidap penyakit kanker usus besar.

Pele Meninggal Dunia Akibat Kanker Usus
Pele pemain bola legendaris meninggal dunia. Gambar : REUTERS/Tomas Bravo

BaperaNews - Pemain bola legendaris terbaik sepanjang masa yakni Pelé meninggal dunia di usia 82 tahun pada Jumat (30/12). Informasi tentang Pelé meninggal dunia dikonfirmasi langsung oleh Komite Olimpiade Internasional (IOC).

Pelé meninggal dunia akibat mengidap penyakit kanker usus besar. Sebelum memiliki riwayat kanker usus besar, Pelé memiliki tumor di usus besarnya. Kemudian, tumor tersebut diangkat pada tahun 2021. 

Tumor yang diangkat dari tubuhnya, tidak membuat kondisi Pelé membaik secara total. Pelé harus kembali menjalani perawatan di Rumah Sakit Albert Einstein di São Paulo pada bulan November karena kondisi kesehatan yang memburuk.

Meninggalnya Pelé sebagai pemain bola legendaris membuat duka kepada seluruh pemain bola di dunia. Semua atlet sepak bola mengucapkan selamat jalan kepada Pelé.

Salah satunya adalah Cristiano Ronaldo yang mengucapkan belasungkawa kepada sang Legenda, Pelé yang hari ini tutup usia dalam sebuah unggahan di Instagram pribadinya.

"Belasungkawa mendalam saya untuk seluruh Brasil, dan khususnya untuk keluarga Edson Arantes do Nascimento. Hanya 'selamat tinggal' untuk Raja Pelé abadi tidak pernah cukup untuk mengungkapkan rasa sakit yang sedang dipeluk seluruh dunia sepak bola saat ini." tulis Ronaldo di Instagram.

Baca Juga : Pak Ogah 'Si Unyil' Meninggal Dunia, Dimakamkan Hari Ini Di TPU Jatisari 1

Profil Pelé, Pemain Bola Legendaris

Pelé telah dinobatkan sebagai atlet sepak bola terbaik sepanjang sejarah oleh IOC pada 1999 dan dihormati dengan Olympic Order, penghargaan tertinggi Gerakan Olimpiade, pada 2016.

"Dengan mangkatnya Pelé, dunia telah kehilangan ikon olahraga yang hebat," kata presiden IOC Thomas Bach di Twitter seperti dikutip AFP.

Pelé menjadi pusat perhatian internasional pada Piala Dunia 1958 di Swedia, Pelé jadi kapten tim Brasil dan telah meraih tiga gelar Piala Dunia pada 1958, 1962, dan 1970.

Pelé tetap menjadi pencetak gol terbanyak Brasil, dengan 77 gol dalam 92 pertandingan.

Awal mula Pelé menjadi pusat perhatian dunia karena ia mencetak enam gol di turnamen tersebut, termasuk tiga di semifinal melawan Prancis dan dua di final, dengan kemenangan 5-2 atas Swedia. Itu adalah yang pertama bagi Brasil dari rekor lima trofi Piala Dunia.

Selamat jalan Pelé beristirahatlah dengan tenang dan terima kasih telah menjadikan sepak bola menjadi olahraga yang menghibur dunia.

Baca Juga : Sastrawan Remy Sylado Meninggal Dunia, Berikut Warisan Karyanya