Festival @WonderfulIndonesia 2023 di Melbourne, Fahd A Rafiq: Indonesia Berhasil Menyita Mata Dunia Pada Pariwisata Indonesia

Kemenparekraf/Baparekraf menggelar festival budaya @WonderfulIndonesia 2023 di Melbourne, memperkenalkan Indonesia kepada masyarakat Australia.

Festival @WonderfulIndonesia 2023 di Melbourne, Fahd A Rafiq: Indonesia Berhasil Menyita Mata Dunia Pada Pariwisata Indonesia
Festival @WonderfulIndonesia 2023 di Melbourne, Fahd A Rafiq: Indonesia Berhasil Menyita Mata Dunia Pada Pariwisata Indonesia. Gambar : Dok.Istimewa

BaperaNews - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) sukses menyelenggarakan @WonderfulIndonesia Festival 2023 di West Beach Pavillion, St. Kilda Beach, Melbourne, Australia, pada 22 Oktober 2023.

Festival ini merupakan bagian dari upaya untuk memperkenalkan kekayaan budaya Indonesia kepada masyarakat Australia, terutama di kota Melbourne.

Australia adalah salah satu target utama bagi pariwisata Indonesia, dan Melbourne, dengan populasi lebih dari 5 juta penduduk, merupakan wilayah negara bagian terbesar. Kota ini juga menjadi tempat tinggal bagi banyak warga negara asing dan mahasiswa internasional.

Ketua Umum DPP Bapera Fahd El Fouz A Rafiq menyampaikan rasa bangganya atas kesuksesan yang diraih Indonesia pada saat mengadakan festival kekayaan budaya Indonesia di Australia.

“Festival ini yang disebut sebagai Wonderful Indonesia ini menjadikan mata dunia yang berada di Australia terpukau dengan budaya budaya yang ditampilkan di festival ini.” Ujar Fahd A Rafiq, Rabu (25/10).

Festival @WonderfulIndonesia 2023 di Melbourne dirancang sebagai pengalaman sensori bagi para pengunjung. Melalui promosi dan aktivasi langsung, festival ini bertujuan membangun interaksi dengan audiens Australia dan menginspirasi mereka untuk merencanakan perjalanan wisata ke Indonesia.

Para pengunjung memiliki kesempatan untuk memenangkan perjalanan liburan ke Bali dengan membeli produk ekonomi kreatif di festival dan mengunggah foto di booth Wonderful Indonesia ke Instagram.

Selain memperkenalkan produk ekonomi kreatif, festival ini juga menampilkan pertunjukan seni budaya, termasuk pencak silat, tari gandrung seblang lukinto dari Banyuwangi, dan tarian etnis khas Sulawesi Selatan. Festival ini bertujuan memperkenalkan beragam kekayaan budaya Indonesia dan mendorong minat pengunjung untuk mengunjungi Indonesia secara langsung.

“Festival ini diharapkan dapat menjadikan wisatawan mancanegara meningkatkan minatnya untuk hadir ke Indonesia dalam rangka menaikan tingkat pariwisata bangsa Indonesia, saat ini pariwisata Indonesia yang sangat indah ini harus makin kencang di promosikan karena kekayaan kita ini sangat banyak dan sangat indah.” Ujar Fahd A Rafiq, Rabu (25/10).

Kemenparekraf/Baparekraf juga menggunakan kesempatan ini untuk menyosialisasikan berbagai kebijakan terbaru terkait pungutan bagi wisatawan mancanegara. Sosialisasi ini bertujuan agar wisatawan asing dapat memahami pungutan pajak yang diterapkan di Bali untuk melindungi budaya dan lingkungan alam setempat.

Melalui @WonderfulIndonesia Festival 2023 di Melbourne, Kemenparekraf/Baparekraf mendorong pengunjung untuk menjadi wisatawan yang bertanggung jawab dan menghormati norma dan budaya lokal di destinasi yang mereka kunjungi.

Selain Bali, festival ini juga mempromosikan destinasi lain di Indonesia, terutama lima Destinasi Pariwisata Super Prioritas (5DPSP) seperti Danau Toba, Borobudur, Labuan Bajo, Mandalika, dan Likupang. Festival ini juga memberikan informasi tentang destinasi favorit wisatawan Australia, seperti Lombok dan Sumba, dengan harapan dapat memperpanjang kunjungan para wisatawan ke destinasi-destinasi lain di Indonesia.

Lebih lanjut, Kemenparekraf/Baparekraf juga membagikan prestasi Indonesia dalam pariwisata, termasuk penghargaan The World’s Most Naturally Beautiful Country 2022 dan penghargaan TripAdvisor untuk Bali sebagai destinasi terpopuler kedua di dunia tahun 2023.

Semua upaya ini bertujuan meningkatkan minat dan kepercayaan wisatawan Australia untuk menjelajahi keindahan Indonesia.

Penulis : Ahmad G