Fahd A Rafiq Mengapresiasi Adanya Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik Picu Kolaborasi Masyarakat dan Pemerintah

Ketua Umum DPP Bapera Fahd El Fouz A Rafiq menyatakan bahwa kompetisi ini bisa menghadirkan ide ide inovatif yang dapat berkolaborasi dengan pemerintah namanya. Simak selengkapnya!

Fahd A Rafiq Mengapresiasi Adanya Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik Picu Kolaborasi Masyarakat dan Pemerintah
Fahd A Rafiq Mengapresiasi Adanya Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik Picu Kolaborasi Masyarakat dan Pemerintah. Gambar: Fahd A Rafiq. Doc: Istimewa

Bapera News - Dua kompetisi bergengsi di bidang inovasi pelayanan publik baru saja mencapai puncaknya. Acara tersebut digelar Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MENPANRB) bekerja sama dengan USAID melalui Program Reformasi Birokrasi dan Tata Kelola.

Kompetisi yang dimaksud adalah WiNNER (Wirausaha Sosial untuk Negeri) dan Ideathon. Keduanya menjaring ide-ide inovatif dari berbagai elemen masyarakat guna perbaikan kualitas layanan publik di Tanah Air.

Ketua Umum DPP Bapera Fahd El Fouz A Rafiq menyatakan bahwa kompetisi ini bisa menghadirkan ide ide inovatif yang dapat berkolaborasi dengan pemerintah namanya.

“Jika kompetisi berhasil mengumpulkan ide-ide brilian, dapat membuka peluang kolaborasi yang bermanfaat dengan pemerintah, mendukung pembangunan berkelanjutan, dan meningkatkan kualitas hidup.” Ujar Fahd A Rafiq, Selasa (5/12).

Baca Juga: Fahd A Rafiq Bangga Teknologi Wolbachia Berhasil Turunkan Kasus Demam Berdarah di DIY

Ia berharap para pemenang bisa mengimplementasikan gagasan mereka lewat kerja sama dengan pemerintah daerah masing-masing. Sehingga tercipta partisipasi aktif masyarakat dalam meningkatkan kualitas layanan publik lewat beragam terobosan.

Sementara itu, Direktur USAID Indonesia Jeff Cohen menilai kompetisi kolaboratif seperti ini penting untuk wujudkan tata kelola pemerintahan yang melibatkan seluruh pemangku kepentingan (collaborative governance). Apalagi menyasar kontribusi kaum muda dan pengusaha.

"Kami yakin inisiatif kewirausahaan sosial dan gagasan inovatif ini bisa tingkatkan mutu layanan pendidikan, kesehatan, pengentasan kemiskinan dan stunting, pengelolaan sampah serta air bersih," Ujar Fahd A Rafiq, Selasa (5/12).

Pada puncak acara, dilakukan presentasi inovasi dari 6 grand finalis WiNNER dan pameran poster dari para pemenang Ideathon. Penghargaan diserahkan Deputi dan Jeff kepada perwakilan penerima.

WiNNER sendiri merupakan kompetisi untuk para wirausaha sosial guna mengeksplorasi terobosan pelayanan publik bagi pemerintah daerah. Sementara Ideathon bertujuan menggali ide segar dari ASN, mahasiswa, dan akademisi untuk perbaikan layanan masyarakat.

Baca Juga: Fahd A Rafiq Mengapresiasi Pembangunan Jembatan Gantung di Baleraja

Penulis : Ahmad G