Fahd A Rafiq Apresiasi Peningkatan Kerja Sama Digital Antara Indonesia dan Singapura

Transformasi digital antara Indonesia dan Singapura diperkuat dengan pertukaran MoU di ASEAN Digital Ministers Meeting. Baca selengkapnya di sini!

Fahd A Rafiq Apresiasi Peningkatan Kerja Sama Digital Antara Indonesia dan Singapura
Fahd A Rafiq Apresiasi Peningkatan Kerja Sama Digital Antara Indonesia dan Singapura. Gambar: Dok. Istimewa

BaperaNews - Sekretaris Jenderal Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) RI, Mira Tayyiba, memperkuat kerja sama transformasi digital antara Indonesia dan Singapura melalui pertukaran naskah Memorandum of Understanding (MoU).

Pertukaran naskah MoU tersebut berlangsung dalam rangkaian ASEAN Digital Ministers Meeting (ADGMIN) 2024 di Singapura. Mira Tayyiba menyerahkan naskah MoU kepada Sekretaris Permanen Kementerian Komunikasi dan Informasi Singapura, Joseph Leong, dalam pertemuan bilateral di Ruang Lotus 1, Shangri-La Hotel, Singapura.

Ketua Umum DPP Bapera Fahd El Fouz A Rafiq menyatakan kerja sama digital ini merupakan langkah strategis bagi Indonesia dan Singapura dalam menjadi kunci penting menghadapi tantangan global terlebih di dunia digital.

"Kerja sama digital antara Indonesia dan Singapura melalui MoU ini adalah langkah strategis yang patut diapresiasi. Transformasi digital menjadi kunci penting dalam menghadapi tantangan global dan mempercepat perkembangan ekonomi," ujar Fahd A Rafiq, Rabu (7/2).

MoU tentang Kerja Sama Transformasi Digital ini mencakup beragam aspek, termasuk data, infrastruktur digital, talenta digital, dan dukungan bagi startup digital. Sekjen Kominfo menjelaskan bahwa perumusan MoU ini melibatkan beberapa pertemuan, termasuk dalam The 9th Information and Communication Joint Committee (ICJC) Indonesia-Singapura di Jakarta pada Oktober 2023.

"Kami berharap MoU ini tidak hanya menjadi dokumen formal, tetapi mampu memberikan dampak nyata. Transformasi digital harus membawa perubahan positif dalam kehidupan sehari-hari masyarakat dan mendukung pertumbuhan ekonomi nasional," ujar Fahd A Rafiq, Rabu (7/2).

Dalam kegiatan tersebut, turut hadir Duta Besar RI di Singapura Suryo Pratomo, Direktur Kerja Sama Ekonomi ASEAN Kementerian Luar Negeri Adhyanti Sardanarini Wirajuda, Kepala Pusat Kerjasama Kementerian Kominfo Ichwan Makmur Nasution, serta perwakilan pemerintah Singapura.

Melalui MoU ini, Indonesia dan Singapura memperkuat komitmen bersama untuk meningkatkan sektor digital dan teknologi informasi. Kerja sama ini diharapkan dapat memberikan dampak positif dalam pengembangan ekosistem digital kedua negara dan memperkuat posisi kawasan ASEAN dalam ranah transformasi digital.

 

Penulis : AG