Doa Menjadi Kaya Raya Seperti Nabi Sulaiman Insya Allah Manjur

Kunci sukses finansial dan kekayaan yang teruji seperti Nabi Sulaiman. Simak doa menjadi kaya di sini!

Doa Menjadi Kaya Raya Seperti Nabi Sulaiman  Insya Allah Manjur
Doa Menjadi Kaya Raya Seperti Nabi Sulaiman Insya Allah Manjur. Gambar : Ilustrasi Kreator BaperaNews Via Canva

BaperaNews - Nabi Sulaiman, salah satu nabi yang banyak dikisahkan dalam Al-Qur'an, telah meninggalkan warisan doa-doanya yang menginspirasi banyak orang. Salah satu doa yang paling terkenal adalah doa menjadi kaya raya yang tak tertandingi.

Doa menjadi kaya raya ini menggambarkan kesungguhan Nabi Sulaiman dalam mencari keberkahan dari Allah SWT, dengan memohon kerajaan yang tidak dimiliki oleh siapa pun setelahnya.

Doa Menjadi Kaya Raya

Menurut Al-Qur'an Surat Shad ayat 35, Nabi Sulaiman memohon kepada Allah SWT:

قَالَ رَبِّ اغْفِرْ لِيْ وَهَبْ لِيْ مُلْكًا لَّا يَنْۢبَغِيْ لِاَحَدٍ مِّنْۢ بَعْدِيْۚ اِنَّكَ اَنْتَ الْوَهَّابُ

Artinya: 

"Ya Tuhanku, ampunilah aku dan anugerahkanlah kepadaku kerajaan yang tidak seorang jua pun miliki sesudahku, sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Pemberi."

Doa jadi kaya raya ini mencerminkan keinginan Nabi Sulaiman untuk menggunakan kekayaan dan kekuasaannya untuk kepentingan dakwah dan kesejahteraan umat. 

Ahmad Zainal Abidin, dalam bukunya "Cara Kaya Seperti Nabi Sulaiman", menegaskan bahwa Nabi Sulaiman tidaklah tamak, melainkan ia meminta kekayaan untuk menyebarkan ajaran yang benar di bumi.

Selain itu, Nabi Sulaiman juga memohon kepada Allah SWT agar diberi pemahaman yang luas, kesempatan untuk meluluhkan hati orang lain, dan kekuatan untuk selalu bersyukur atas nikmat yang diberikan. 

Doa-doanya mencerminkan kesadaran akan pentingnya istighfar dan kesyukuran dalam hidup seorang hamba.

Berikut adalah beberapa doa Nabi Sulaiman yang dapat diamalkan oleh umat Muslim dalam mencari keberkahan dan kekayaan yang halal.

Baca Juga : Doa Agar Dagangan Laris dan Berkah Banyak Pembeli

Doa Agar Memperoleh Kekayaan

قَالَ رَبِّ اغْفِرْ لِيْ وَهَبْ لِيْ مُلْكًا لَّا يَنْۢبَغِيْ لِاَحَدٍ مِّنْۢ بَعْدِيْۚ اِنَّكَ اَنْتَ الْوَهَّابُ

Artinya: 

"Ya Tuhanku, ampunilah aku dan anugerahkanlah kepadaku kerajaan yang tidak seorang jua pun miliki sesudahku, sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Pemberi." Surat Shad ayat 35.

Doa untuk Meluluhkan Hati Orang Lain

إِنَّهُۥ مِن سُلَيْمَٰنَ وَإِنَّهُۥ بِسْمِ ٱللَّهِ ٱلرَّحْمَٰنِ ٱلرَّحِيمِ ۙ أَلَّا تَعْلُوا عَلَيَّ وَأْتُونِي مُسْلِمِينَ

Artinya: 

"Sesungguhnya surat ini dari seseorang bernama Sulaiman, dan sesungguhnya (isinya) dengan menyebut nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Janganlah kalian sombong kepadaku, tapi datanglah kepadaku sebagai orang yang berserah diri." Surat An-Naml ayat 30-31.

Doa Diberi Pemahaman Seperti Nabi Sulaiman

فَفَهَّمْنَا سُلَيْمَانَ وَكُلًّا آتَيْنَا حُكْمًا وَعِلْمًا وَسَخَّرْنَا مَعَ دَاوُدَ الجِبَالَ يُسَبِّحْنَ وَالطَّيْرَ وَكُنَّا فَاعِلِيْنَ يَا حَيُّ، يَا قَيُّوْمُ، يَا رَبَّ مُوْسَى وَهَارُوْنَ وَرَبَّ إِبْرَاهِيْمَ، وَيَا رَبَّ مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَلَيْهِمْ أَجْمَعِيْنَ اللَّهُمَّ ارْزُقْنِيَ الفَهْمَ وَالعِلْمَ وَالحِكْمَةَ وَالعَقْلَ بِرَحْمَتِكَ يَاأَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

Artinya: 

"Kami memberikan pemahaman kepada Sulaiman. Setiap dari mereka Kami berikan kebijaksanaan dan ilmu. Kami tundukkan gunung dan burung kepada Daud. Mereka bertasbih. Kamilah yang melakukan itu semua. Wahai zat yang hidup, wahai zat yang tegak, wahai Tuhan Musa, Harun, Tuhan Ibrahim, wahai Tuhan Muhammad SAW. Ya Allah, karuniakan aku pemahaman, ilmu, kebijaksanaan, dan akal dengan rahmat-Mu wahai zat yang maha pengasih."

Doa Agar Tetap Bersyukur

فَتَبَسَّمَ ضَاحِكًا مِّن قَوْلِهَا وَقَالَ رَبِّ أَوْزِعْنِي أَنْ أَشْكُرَ نِعْمَتَكَ الَّتِي أَنْعَمْتَ عَلَيَّ وَعَلَىٰ وَالِدَيَّ وَأَنْ أَعْمَلَ صَالِحًا تَرْضَاهُ وَأَدْخِلْنِي بِرَحْمَتِكَ فِي عِبَادِكَ الصَّالِحِينَ

Artinya: 

"Maka tersenyumlah dia (Nabi Sulaiman) dengan tertawa karena ucapannya itu, dan ia berdoa, 'Ya Tuhanku, ilhamkanlah aku untuk tetap mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada ibu bapakku dan untuk mengerjakan amal saleh yang Engkau ridhoi, dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang saleh.” Surat An-Naml Ayat 19.

Doa-doa jadi kaya raya ini merupakan penjelasan nyata tentang bagaimana seorang hamba memohon kepada Allah SWT dengan kerendahan hati dan kesadaran akan pentingnya kekayaan rohani serta materi.

Kekayaan yang diminta Nabi Sulaiman tidak hanya berupa harta benda, tetapi juga kekayaan ilmu, pemahaman, dan kesempatan untuk bersyukur atas nikmat yang diberikan.

Banyak umat Muslim yang juga mengamalkan doa-doa menjadi kaya raya sebagai bagian dari ibadah dan usaha untuk mencari keberkahan dalam kehidupan mereka. 

Doa menjadi kaya raya seperti Nabi Sulaiman diyakini sebagai doa yang Insya Allah manjur, apabila diucapkan dengan penuh keyakinan dan kesungguhan.

Dengan memahami dan mengamalkan doa-doa jadi kaya raya, diharapkan umat Muslim dapat mendapatkan keberkahan dalam segala aspek kehidupan mereka, baik itu dalam hal kekayaan materi maupun kekayaan rohani. 

Sebagai seorang hamba yang taat, kesadaran akan pentingnya bersyukur atas nikmat yang diberikan oleh Allah SWT juga menjadi salah satu kunci dalam mencapai keberkahan.

Baca Juga : Doa Setelah Sholat Subuh Agar Dosa Diampuni dan Diberi Kemudahan