Deretan Fakta Menarik dari Penobatan Raja Charles III

Berikut adalah beberapa fakta menarik tentang penobatan Raja Charles III, termasuk tradisi unik yang dilakukan pada upacara, gelar resmi baru Raja, dan reaksi netizen terhadap peristiwa tersebut.

May 8, 2023 - 11:17
May 8, 2023 - 11:29
 0
Deretan Fakta Menarik dari Penobatan Raja Charles III
Deretan Fakta Menarik dari Penobatan Raja Charles III. Gambar : Reuters/Dok. Lisi Niesner

BaperaNewsRaja Charles III resmi menyandang gelar sebagai raja Inggris dalam penobatan di Westminster Abbey hari Sabtu 6 Mei 2023 untuk menggantikan mendiang ibundanya Ratu Elizabeth II. Usai acara penobatan, Charles (74) dielukan dengan teriakan God Save the King baik di dalam ruangan maupun di luar Westminster Abbey yang menjadi tempat berkumpul warga Inggris.

Permaisuri Chamilla turut dinobatkan sebagai pendamping Charles dan Ratu Inggris. Ada sejumlah fakta dan hal menarik terkait pemimpin baru Kerajaan Inggris ini, simak 10 fakta tentang penobatan Raja Charles III yang telah dirangkum dari berbagai sumber.

Hal Menarik Terkait Penobatan Raja Charles III

  1. Nama lahir

Raja Charles III lahir dengan nama Charles Philip Arthur George, ia ialah putra pertama Ratu Elizabeth II dan Pangeran Philips. Charles lahir di Istana Buckingham, London pada 14 November 1948 pukul 21.14.

  1. Riwayat Pendidikan

Charles menempuh pendidikan di Trinity College pada tahun 1967-1970, ia mengambil jurusan spesialis antropologi, sejarah, dan arkeologi. Tahun 1970 Charles lulus dengan gelar sarjana seni.

  1. Pemegang Gelar Wales Terlama

Charles sebelumnya mendapat gelar Prince of Wales atau pangeran terlama di sejarah kerajaan Inggris yakni sejak ia berumur 10 tahun hingga sebelum ia dinobatkan menjadi Raja Inggris di umur 74 tahun.

  1. Anggota Angkatan Udara dan Laut

Charles pernah bergabung langsung dalam menjaga keamanan negara pada tahun 1971, ia bergabung bersama Royal Air Force yang merupakan angkatan udara di Inggris. Charles mampu menerbangkan pesawat jet dan sejumlah kemampuan militer lainnya. 

Baca Juga : Beri Ucapan Selamat, Jokowi Harap PM Inggris Rishi Sunak Bisa Hadir Di KTT G20 Bali

  1. Bisa Bahasa Wales

Sebelum mendapat gelar sebagai Prince of Wales, Charles belajar bahasa Wales selama 2 bulan. Hingga saat ini ia masih fasih berbahasa Wales.

  1. Penulis Buku

Charles senang mengisi waktu luangnya dengan menulis. Sejumlah buku yang ia tulis diantaranya buku anak-anak The Old Man of Lochnagar (1980) yang keuntungan hasil penjualannya disumbangkan untuk badan amal.

  1. Menikah Dua Kali

Charles menikahi Putri Diana pada tahun 1981. Pernikahan Charles dan Diana berjalan dengan dikelilingi banyak isu terutama soal perselingkuhan. Keduanya kemudian bercerai di tahun 1996. Setahun setelahnya, Putri Diana tewas dalam kecelakaan di Paris.

  1. Hubungan dengan Camilla

Usai berpisah dengan Putri Diana, Charles menjalin hubungan dengan Camilla Parker hingga saat ini. Meski banyak ditentang karena menikah lebih dari satu kali adalah hal yang dianggap tabu di kerajaan Inggris dan dianggap tidak sesuai dengan agama Protestan, Charles dan Camilla akhirnya mendapat restu dari Ratu Elizabeth II, gereja Inggris, dan pemerintah Inggris. Charles dan Camilla menikah pada 9 April 2005 di Windsor Guildhall.

  1. Punya  2 Anak dan 5 Cucu

Charles punya 2 anak dari pernikahannya dengan Putri Diana yakni Pangeran William dan Pangeran Hary. Jarak umur kedua pangeran ialah 2 tahun. William dan Hary kini telah menikah. Dari 2 anaknya, Charles punya 5 cucu yakni George, Charlotte, dan Louis dari William serta Archie dan Lilibet dari Hary.

  1. Resmi jadi Raja Inggris

Raja Charles III kini telah resmi menjadi pemimpin tertinggi di Inggris per 6 Mei 2023.

Baca Juga : Raja Charles III Resmi Dinobatkan Menjadi Raja Inggris

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow