Cristiano Ronaldo Menutup Karir Euro Dengan Kesedihan

Cristiano Ronaldo menutup karier Euro dengan kekalahan Portugal dari Prancis di perempat final Euro 2024. Simak Selengkapnya!

Cristiano Ronaldo Menutup Karir Euro Dengan Kesedihan
Cristiano Ronaldo Menutup Karir Euro Dengan Kesedihan. Gambar : REUTERS/Phil Noble

BaperaNews - Cristiano Ronaldo resmi menutup kariernya di Euro dengan kesedihan setelah Portugal dikalahkan Prancis dalam babak perempat final Euro 2024 pada Sabtu (6/7) dini hari waktu Indonesia. 

Kekalahan ini menjadi akhir perjalanan Portugal di Euro 2024, dan juga menjadi momen terakhir Ronaldo tampil di turnamen bergengsi tersebut.

Pertandingan antara Portugal dan Prancis berlangsung ketat di Volksparkstadion, Hamburg. Kedua tim gagal mencetak gol selama 120 menit waktu normal dan extra time, sehingga pemenang harus ditentukan melalui adu penalti. 

Prancis akhirnya keluar sebagai pemenang dengan skor 5-3 dalam adu penalti setelah Joao Felix gagal menjalankan tugasnya, meski Ronaldo sukses mengeksekusi penaltinya.

Akhir Era Ronaldo di Euro

Ronaldo sebelumnya telah mengkonfirmasi bahwa Euro 2024 akan menjadi turnamen Euro terakhirnya. 

Pada Euro 2028 nanti, usia Ronaldo sudah mencapai 43 tahun, dan ia tidak akan lagi mengenakan nomor punggung 7 untuk Portugal

Mantan pemain Sporting Lisbon, Manchester United, dan Real Madrid ini telah tampil sebanyak enam kali di ajang Euro, menjadikannya pemain dengan jumlah partisipasi terbanyak.

Dalam kariernya di Euro, Ronaldo telah mencetak 14 gol, menjadikannya pencetak gol terbanyak dalam sejarah turnamen ini. Namun, di Euro 2024, Ronaldo gagal menambah jumlah golnya setelah tidak mampu mencetak gol dalam lima pertandingan yang dilakoninya dari fase grup hingga perempat final. 

Meski begitu, Ronaldo mencatat rekor sebagai pemberi assist terbanyak dalam sejarah Euro dengan 8 assist, menyamai raihan Karel Poborsky.

Sesaat setelah sepakan penalti Theo Hernandez masuk ke gawang Diogo Costa, wajah Ronaldo tampak berusaha tegar meski raut kekecewaan jelas terlihat. Ia tampak menampilkan senyum secara terpaksa ketika pemain dan ofisial Prancis mendatanginya. 

Cristiano Ronaldo yang pernah mengangkat trofi Henri Delaunay pada Euro 2016, kini mengakhiri perjalanan panjangnya di turnamen ini dengan perasaan campur aduk.

Baca Juga : Viral! Cristiano Ronaldo Ucap Bismillah Saat Tendangan Bebas

Rekor dan Kontribusi Ronaldo

Selama kariernya bersama timnas Portugal, Cristiano Ronaldo telah mencatat 212 penampilan dan mencetak 130 gol. Kendati sudah menyatakan tidak akan tampil lagi dalam Euro edisi selanjutnya, belum diketahui kapan Ronaldo akan pensiun total dari timnas Portugal. Untuk di level klub, Ronaldo masih terikat kontrak dengan Al Nassr hingga 30 Juni 2025.

Dalam perjalanan di Euro 2024, Ronaldo sempat memiliki peluang besar menambah pundi-pundi golnya kala mendapat kesempatan mengeksekusi penalti di babak extra time laga versus Slovenia. 

Sayangnya, eksekusi penaltinya mampu dibendung kiper Slovenia, Jan Oblak. Beruntung, Ronaldo mencetak gol di babak adu penalti dan membawa timnya lolos. 

Namun, dalam laga melawan Prancis, meski Ronaldo berhasil mengeksekusi penaltinya, timnya tetap harus mengakui keunggulan lawan.

Cristiano Ronaldo menyatakan bahwa meski ini adalah Euro terakhirnya, ia tetap merasa emosional terhadap segala sesuatu yang melibatkan sepak bola, antusiasme dari permainan, pendukung, keluarga, dan kasih sayang orang-orang terhadap dirinya. 

Pernyataan ini diungkapkannya kepada O Jogo pada awal pekan sebelum pertandingan melawan Prancis.

Euro 2024 menandai akhir dari perjalanan panjang Cristiano Ronaldo di turnamen antar negara Eropa. 

Kekalahan Portugal dari Prancis bukan hanya menutup harapan tim untuk meraih trofi, tetapi juga mengakhiri era salah satu pemain terbesar dalam sejarah sepak bola di turnamen ini. 

Baca Juga : Usai Resmi Diumumkan Gabung Real Madrid, Mbappe Langsung Posting dengan Ronaldo