Catat! Ini Informasi Lengkap Soal Kondisi Jalur Mudik

Kemenhub dan Badan Kebijakan Transportasi (BKT) mengimbau masyarakat aktif melihat informasi jalur mudik. Simak selengkapnya!

Catat! Ini Informasi Lengkap Soal Kondisi Jalur Mudik
Informasi Lengkap Soal Kondisi Jalur Mudik. Gambar : Liputan6

BaperaNews - Di zaman serba teknologi ini masyarakat lebih mudah mendapat informasi seputar mudik melalui situs informasi jalur mudik. Tidak harus dari televisi atau radio. 

Kini informasi jalur mudik bisa didapat di sejumlah laman online dan aplikasi. Hal ini bisa dimanfaatkan masyarakat agar bisa selalu update kondisi terkini dari jalan atau rute mudik yang dilalui.

Dari hasil survey Kemenhub dan Badan Kebijakan Transportasi (BKT), mobilitas masyarakat mudik di lebaran 2023 ini diperkirakan mencapai 123,8 juta orang. Jumlah ini naik 14,2% dibanding tahun 2022 lalu yang jumlahnya 85,5 juta orang.

Banyaknya masyarakat yang akan mudik tersebut tentu perlu menyiapkan segala sesuatu lebih detail, tidak hanya soal barang bawaan atau kendaraan untuk mudik, namun juga termasuk tentang informasi mudik. 

Masyarakat bisa mengakses info seputar mudik di laman resmi Siaga Sapta Taruna 2023 di binamarga.pu.go.id/mudik

Baca Juga : Tak Tutup! BPJS Kesehatan Tetap Buka Layanan Saat Libur Lebaran

Menu Informasi Siaga Sapta Taruna 2023

Di situs informasi jalur mudik tersebut, ada lima menu yang tersedia yang membantu masyarakat menikmati perjalanan mudik lebih lancar, yaitu :

  • Peta

Berupa peta posko jalur mudik, titik rawan bencana longsor, titik yang sedang macet, titik yang banjir, jalur alternatif, titik pasar, lokasi wisata, rest area, dan lokasi CCTV tol.

  • CCTV jalan tol

Masyarakat bisa memantau 65 ruas tol di Indonesia, bisa dilihat tol mana saja yang padat atau macet maupun yang lancar.

  • CCTV jalan non tol

Berupa CCTV informasi jalan utama mudik yang bukan jalan tol, menunya masuk di RTTMC (Road Transport and Traffic Management Center) Ditjen Perhubungan Darat Kemenhub. Jadi bisa jadi acuan akan lewat di jalur mana.

Jalan non tol yang disajikan ialah jalan nasional seperti arah terminal, jalur tengah, utara, selatan, hingga barat.

  • Informasi tarif tol

Berupa informasi biaya masuk told an navigasinya, menu ini akan terhubung dengan BPJT (Badan Pengatur Jalan Tol). Menu ini bisa jadi acuan untuk menentukan rute mudik sekaligus mengetahui berapa biayanya.

  • Ramalan cuaca

Kondisi cuaca di suatu wilayah juga perlu diketahui selama mudik lebaran 2023. Menu ini akan menampilkan perkiraan cuaca di berbagai daerah Indonesia, menu terhubung ke laman milik BMKG (Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika). 

Jadi masyarakat bisa mengetahui jika ada daerah tertentu yang sedang hujan atau sedang panas terik. Simpan alamat laman binamarga.pu.go.id ini ya, semoga bisa mudik dengan lancar, aman, nyaman, dan selamat menggunakan situs informasi jalur mudik.

Baca Juga : Mau Mudik Lebaran? Catat Jadwal Ganjil Genap, One Way dan Contraflow!