Calvin Verdonk Dipastikan Bisa Perkuat Timnas Indonesia Melawan Filipina Usai Disahkan FIFA

Calvin Verdonk telah resmi menjadi WNI dan mendapatkan persetujuan FIFA untuk bermain bersama Timnas Indonesia melawan Filipina di Kualifikasi Piala Dunia 2026. Baca selengkapnya di sini!

Calvin Verdonk Dipastikan Bisa Perkuat Timnas Indonesia Melawan Filipina Usai Disahkan FIFA
Calvin Verdonk Dipastikan Bisa Perkuat Timnas Indonesia Melawan Filipina Usai Disahkan FIFA. Gambar: Instagram/@necnijmegen

BaperaNews - Pemain baru Timnas Indonesia, Calvin Verdonk, telah dipastikan dapat tampil dalam pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia melawan Filipina. Keputusan ini datang setelah Verdonk resmi dinaturalisasi menjadi WNI dan mendapatkan persetujuan dari FIFA untuk bermain bersama Timnas Indonesia.

Pemain naturalisasi secara resmi menjadi WNI setelah menyelesaikan proses pengambilan sumpah dan pembuatan Kartu Tanda Penduduk pada Selasa (4/6). Dengan status kewarganegaraan yang telah disahkan, ia dipastikan siap untuk membela Timnas Indonesia dalam laga terakhir putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia melawan Filipina pada Selasa (11/6).

Proses peralihan asosiasi Verdonk dari Federasi Sepak Bola Belanda (KNVB) ke PSSI telah mendapatkan persetujuan dari FIFA. PSSI kemudian mengirimkan surat persetujuan dari FIFA ke Federasi Sepak Bola Asia (AFC) pada Rabu (5/6). Dengan pengesahan dari FIFA dan AFC, legalitas Verdonk untuk bertanding bersama Timnas Indonesia telah kuat secara hukum.

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, menyampaikan apresiasi kepada FIFA atas respons cepat yang diberikan dalam proses pengesahan Calvin Verdonk.

"Saya apresiasi proses persetujuan yang dilakukan FIFA, yang secara langsung ikut mendukung agar sepak bola kita maju," ujar Erick Thohir pada Rabu (5/6).

Baca Juga: Sah! Calvin Verdonk Jadi WNI

Meskipun keputusan pemain yang akan bermain ada di tangan pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, Erick Thohir itu memastikan bahwa Calvin Verdonk sudah siap bertanding melawan Filipina. Kehadiran Verdonk di Timnas Indonesia tidak hanya menambah kekuatan lini belakang, tetapi juga membuat persaingan sehat terjadi antarpemain.

Dengan hadirnya Verdonk, Timnas Indonesia kini memiliki total 12 pemain di posisi belakang, termasuk Jay Idzes, Jordi Amat, Rizky Ridho, Elkan Baggot, Justin Hubner, Muhammad Ferarri, Shayne Pattynama, Nathan Tjoe-A-On, Pratama Arhan, Sandy Walsh, dan Asnawi Mangkualam.

Erick Thohir menegaskan bahwa targetnya adalah memiliki kedalaman skuat yang cukup untuk Timnas Indonesia, sehingga meskipun ada pemain yang absen, timnas tetap memiliki pengganti dengan kualitas yang sama.

Ini menjadi hal penting mengingat Timnas Indonesia akan segera menghadapi Irak dalam matchday kelima Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, pada Kamis (6/6).

@baperanews.com

Pemain baru Timnas Indonesia, Calvin Verdonk, telah dipastikan dapat tampil dalam pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia melawan Filipina. Keputusan ini datang setelah Verdonk resmi dinaturalisasi menjadi WNI dan mendapatkan persetujuan dari FIFA untuk bermain bersama Timnas Indonesia. #viral #calvinverdonk ♬ original sound - BAPERA NEWS

Baca Juga: Timnas Indonesia Vs Irak Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia: Prediksi Skor, Line up, dan Head to Head