Arab Saudi Rilis Film Dokumenter Pelaksanaan Haji Jemaah Indonesia

Film dokumenter ini berisi tentang pelaksanaan ibadah haji jemaah Indonesia yang dapat memberikan gambaran lengkap tentang proses ibadah haji.

Arab Saudi Rilis Film Dokumenter Pelaksanaan Haji Jemaah Indonesia
Film Dokumenter Pelaksanaan Haji. Gambar: Detik.com/Dok. Azkia Nurfajrina

BaperaNews - Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi merilis film dokumenter tentang perjalanan ibadah haji Indonesia, film ini memberi gambaran tentang proses menyeluruh ibadah haji oleh jemaah asal Indonesia.

Dubes Arab Saudi untuk Indonesia Faisal Abdullah bersama Dirjen Departemen Kesadaran Umum Kementerian Haji dan Umroh Arab Saudi Turki Alkhalaf meluncurkan film ini pada Rabu (10/5) dengan acara bertajuk “Launching dan Publikasi Film Dokumenter Perjalanan Ibadah Haji 2023” di Auditorium KH. M. Rasidi Kantor Kemenag RI. Dalam acara tersebut turut hadir Dirjen Penyelenggara Haji dan Umroh RI Hilman Latief.

Faisal menyampaikan bahwa film dokumenter ini menjadi gambaran umum tentang proses ibadah haji yang dilakukan di Arab Saudi sejak keberangkatan dari Indonesia, selama sampai dan menjalankan ibadah haji di Arab Saudi, hingga ketika kepulangan jemaah ke Indonesia kembali.

“Film dokumenter Perjalanan Ibadah Haji ini menggambarkan proses ibadah haji, sejak keberangkatan hingga disambut oleh pemerintah Arab Saudi juga ketika kembali ke tanah air” tutur Faisal. Hilman juga menyebut film ini bisa membuat semua orang mengerti realita ibadah haji di tanah suci. Nantinya film ini bisa ditonton di laman resmi Kemenag.

Baca Juga: Lebaran Haji 2023 Akan Tiba, Simak Cara Cek dan Jadwal Keberangkatan Haji 2023

“Ini menggambarkan realita yang aktual, proses sesungguhnya yang dialami jemaah haji mulai dari persiapan hingga ketika ibadah dan ziarah di Mekkah Madinah” sambung Hilman sambil memberi apresiasi kepada Kementerian Haji dan Umroh Arab Saudi yang telah membuat film ini.

“Saya sampaikan apresiasi atas hadirnya film dokumenter Perjalanan Ibadah Haji ini, film ini bisa jadi sarana mengingat bagi mereka yang telah berhaji atau memberi gambaran nyata untuk mereka yang akan menunaikan ibadah haji” pungkas Hilman.

“Saya mengajak para jemaah haji terutama asal Indonesia untuk menjalankan instruksi yang diberikan oleh otoritas Arab Saudi dan melaksanakan hal lain sesuai aturan yang wajib dijalankan dalam berhaji” tutup Faisal.

Jika seluruh jemaah bisa patuh pada aturan maka ibadah haji bisa berjalan lancar dan sukses. Dengan demikian film dokumenter tentang pelaksanaan ibadah haji jemaah Indonesia ini bisa ditonton siapapun yang sudah ataupun hendak pergi haji agar mengetahui gambaran lengkap ibadah haji dan apa saja yang harus dilakukan selama menjalankan ibadah mulia tersebut.

Baca Juga: Jemaah Haji Dilarang Bawa Jimat, Kemenag Bisa Dihukum Mati