Arab Saudi Akan Adakan Turnamen Esports, Total Hadiah Capai Rp 695 Miliar

Arab Saudi akan mengadakan turnamen Esports dengan total hadiah sebesar USD 45 juta atau sekitar Rp 695 miliar.

Arab Saudi Akan Adakan Turnamen Esports, Total Hadiah Capai Rp 695 Miliar
Arab Saudi akan adakan turnamen Esports dengan total hadiah capai Rp 695 Miliar. Gambar : Unsplash.com/Dok. JC Gellidon

BaperaNews - Arab Saudi akan mengadakan turnamen Esports dengan total hadiah terbesar. Bahkan, total hadiah uang tunai yang telah disiapkan mencapai puluhan juta dollar.

Total hadiah tersebut dapat melampaui hadiah yang ditawarkan oleh Valve ketika menggelar kompetisi Dota 2, The International 10. Saat itu, Valve menawarkan apresiasi finansial dengan total hadiah sebesar USD 40 juta atau sekitar Rp 617 miliar.

Penyelenggara turnamen Esports Arab Saudi yakni Gamers8 menyampaikan bahwa jumlah hadiah yang dimaksud yakni sebesar USD 45 juta atau sekitar Rp 695 miliar.

Jumlah tersebut dikatakan lebih banyak 3 kali lipat apabila dibandingkan dengan turnamen Esports yang digelar tahun lalu, dimana hanya menawarkan total hadiah sebesar USD 15 juta atau sekitar Rp 231 miliar.

Gamers8 akan menyelenggarakan turnamen Esports Arab Saudi pada tanggal 6 Juli 2023 yang diadakan di Riyadh, Arab Saudi.

Hanya saja, total hadiah turnamen Esports di Arab Saudi yang telah disiapkan itu, bukan hanya ditujukan untuk 1 game saja. Melainkan total hadiah itu akan dibagi ke sejumlah game Esports lainnya.

Baca Juga : Daftar Roster Timnas Valorant Indonesia di SEA Games 2023 Kamboja

Hingga kini, penyelenggara turnamen Esports di Arab Saudi masih belum mengumumkan game apa saja yang akan dipertandingkan nantinya. Namun apabila melihat dari turnamen tahun lalu, Gamers8 akan mempertandingkan game-game ternama seperti Dota 2, Fortnite, PUBG Mobile, Rocket League, serta Rainbow Six Siege.

Sehingga, kemungkinan besar bahwa kelima game itu akan kembali dipertandingkan. Namun masih belum dapat dipastikan apakah nantinya pihak penyelenggara akan menambah sejumlah game baru, atau tetap mempertahankan yang sudah ada.

Akan tetapi, saat ini game seperti Mobile Legends: Bang Bang, Valorant, FIFA, League of Legends dan Counter-Strike: Global Offensive cukup populer, maka ada kemungkinan juga diantara judul tersebut akan masuk ke dalam list game yang akan dipertandingkan di turnamen Esports Arab Saudi .

Adapun informasi mengenai turnamen Esports ini telah disampaikan oleh Pangeran Faisal bin Bandar bin Sultan selaku Ketua Federasi Esports Arab Saudi. 

Selain menunjuk Gamers8 sebagai pihak penyelenggara turnamen besar ini, ia juga menyampaikan tujuan diadakannya ajang turnamen bergengsi itu.

Diketahui, tujuannya mengadakan turnamen Esports di Arab Saudi ini yaitu untuk melayani komunitas global esports dan penggemar game, serta pada akhirnya untuk mengembangkan ekosistem esports global.

Baca Juga : Sony Gelar Program Mega March, Banyak Diskon Game PS4 & PS5