50 Paus Pilot Mati Terdampar di Laut Australia

50 paus pilot terdampar dan mengalami kematian massal di Pantai Australia. Simak selengkapnya!

50 Paus Pilot Mati Terdampar di Laut Australia
50 Paus Pilot Mati Terdampar di Laut Australia. Gambar : HANDOUT / AFP / Departemen Sumber Daya Alam dan Lingkungan Tasmania

BaperaNews - Heboh foto paus pilot terdampar massal di sebuah pantai Australia. Lebih dari 50 ekor paus pilot tersebut kemudian mati karena terdampar dan tidak bisa kembali ke lautan yang menjadi tempat hidupnya. Puluhan paus pilot mati di Australia terdampar di pantai terpencil pada hari Rabu (26/7).

Sukarelawan dan aparat setempat sebelumnya telah berusaha membantu para paus pilot terdampar massal agar bisa tetap hidup dengan mengembalikan hewan tersebut ke lautan ke Pantai Cheynes di timur Albany namun usaha belum berhasil. Paus yang terdampar kesulitan bertahan hidup tanpa air yang melimpah.

“Kami bekerja dengan sukarelawan dan organisasi lain berusaha kembalikan paus pilot terdampar massal ini ke lautan yang lebih dalam, sepanjang hari kami melakukannya. Sekarang kami mencoba kembalikan 46 paus pilot lainnya” kata Dinas Taman dan Margasatwa Australia Barat dalam keterangan resminya.

50 Paus Pilot Mati Terdampar di Laut Australia. Gambar : (Allan Marsh / Allan Marsh/Cheynes Beach Caravan Park / AFP)

Paus pilot sendiri terkenal sebagai hewan yang memiliki ikatan sosial sangat kuat sehingga ketika ada salah satu paus pilot mengalami kesulitan dan terdampar, paus pilot yang lain akan mengikuti dan membantu, namun justru mereka sendiri ikut terdampar. Hal inilah yang menyebabkan puluhan paus pilot terdampar. 

Baca Juga : Gunung Raksasa Ditemukan di Bawah Laut Pacitan Jawa Timur

Paus pilot mati di Australia ini juga terjadi karena ikatan sosial sangat kuat yang dimiliki hewan laut besar ini. Para pakar menyebut paus pilot di dalam lautan hidup dalam koloni yang besar.

Australia dan Selandia baru sendiri ialah hot spot bagi paus pilot dimana mereka hidup di laut dalam, namun alasan sebenarnya kenapa mereka bisa sampai terdampar dan pergi ke perairan dangkal masih menjadi misteri.

Paus pilot mati di Australia terpaksa dikuburkan karena tak bisa diselamatkan. Sulit untuk membantu hewan tersebut kembali ke lautan dalam mengingat besarnya tubuh mereka dan mereka terdampar dalam kondisi berkelompok.

Seekor paus pilot berhasil dikembalikan akan tetap kembali ke laut dangkal ketika mendapati temannya masih ada yang kesulitan dan terdampar sehingga membuat upaya yang dilakukan sukarelawan dan aparat belum berhasil.

Kementerian Kelautan setempat belum mengerti apa alasan para paus pilot ini sampai bepergian ke laut dangkal dan terdampar massal. Ilmuwan setempat masih mempelajari sebabnya agar mencegah kejadian serupa terjadi kembali di kemudian hari.

Baca Juga : Masyarakat Jepang Geger Usai Temukan Bola Besi Misterius di Pantai Enshu