Tol Bali Mandara Lakukan Uji Coba Tanpa Kartu Mulai Desember 2023

Jalan Tol Bali Mandara bersiap untuk revolusi pembayaran tol tanpa sentuhan dengan uji coba Multi Lane Free Flow (MLFF) mulai Desember 2023.

Tol Bali Mandara Lakukan Uji Coba Tanpa Kartu Mulai Desember 2023
Tol Bali Mandara Lakukan Uji Coba Tanpa Kartu Mulai Desember 2023. Gambar : Dok.Jasamarga Bali

BaperaNews - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, mengumumkan bahwa uji coba pembayaran tol tanpa sentuh atau Multi Lane Free Flow (MLFF) akan dilakukan di Jalan Tol Bali Mandara pada pekan kedua Desember 2023.

Sistem ini menggunakan teknologi Global Navigation Satellite System (GNSS) yang terintegrasi dengan aplikasi CANTAS. Basuki Hadimuljono menjelaskan bahwa uji coba ini tidak langsung menerapkan MLFF secara penuh setelah trial.

"Trial-nya minggu kedua Desember. Jadi setelah itu dicoba, dua minggu akan dievaluasi. Di akhir Desember nanti dievaluasi. Kalau itu bagus, berhasil, kita expand. Kalau ada kekurangannya kita improve dulu, baru coba lagi," ungkapnya.

Penerapan MLFF ini merupakan langkah inovatif dalam pembayaran tol tanpa gerbang fisik dan sentuhan.

Baca Juga : Gardu Tol Ditiadakan, MLFF Bakal Diuji Coba 2023 Mendatang

Sistem ini akan menggunakan GNSS yang terhubung dengan aplikasi CANTAS. Meskipun ada kekhawatiran terkait kemungkinan sistem ini tidak dapat menarik pembayaran dari pengguna tol, Basuki Hadimuljono yakin bahwa masyarakat akan beradaptasi, seperti halnya ketika beralih dari pembayaran tunai ke pembayaran non-tunai.

Hedy Rahadian, Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR, menambahkan bahwa pada tahap uji coba MLFF di Tol Bali Mandara, belum semua pintu tol akan menerapkannya.

Barrier pembatas masih akan digunakan untuk memfasilitasi kendaraan agar dapat membayar tol menggunakan kartu.

Skema awal pemberlakuan MLFF akan menerapkan sistem uji coba terbatas pembayaran tol (Single Lane Free Flow), hanya untuk satu pintu tol. Setelah evaluasi hasil uji coba, pembayaran tol tanpa henti akan diterapkan secara penuh.

Seiring dengan uji coba ini, PT Hutama Karya (Persero) juga melakukan uji coba penutupan layanan top-up kartu uang elektronik lewat pembayaran tunai di Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) ruas Pekanbaru – Dumai (Permai).

Tjahjo Purnomo, Executive Vice President Sekretaris Perusahaan Hutama Karya, menjelaskan bahwa langkah ini diambil untuk mengurangi antrean dan kemacetan.

"Layanan top-up tunai di Tol Permai pada Gerbang Tol (GT) Kandis Utara dan GT Kandis Selatan diubah menjadi layanan non top-up (direct tapping) sejak 20 Oktober 2023," kata Tjahjo.

Transisi ini dilakukan sebagai dukungan penerapan sistem transaksi nirsentuh atau MLFF di beberapa tol di Indonesia.

Baca Juga : Viral Video Kamar Kos di Jogja Penuh Sampah Hingga Air Kencing di Botol