Timnas Indonesia U-16 Juara 3 Piala AFF Setelah Berhasil Kalahkan Vietnam 5-0

Timnas Indonesia U-16 menang telak 5-0 atas Vietnam U-16 dalam perebutan tempat ketiga Piala AFF U-16 2024 di Stadion Manahan, Solo. Baca selengkapnya di sini!

Timnas Indonesia U-16 Juara 3 Piala AFF Setelah Berhasil Kalahkan Vietnam 5-0
Hasil Pertandingan Timnas Indonesia U-16: Berhasil Kalahkan Vietnam 5-0. Gambar : Dok. PSSI

BaperaNews - Timnas Indonesia U-16 mencetak kemenangan gemilang atas Timnas Vietnam U-16 dengan skor telak 5-0 dalam perebutan tempat ketiga di Piala AFF U-16 2024.

Pertandingan yang berlangsung di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, pada Rabu (3/7), menyaksikan Garuda Muda mendominasi dari awal hingga akhir pertandingan, memastikan posisi ketiga terbaik untuk ketiga kalinya dalam sejarah turnamen ini.

Pertandingan Indonesia vs Vietnam, dimulai dengan Indonesia menunjukkan dominasi sejak awal. Pada menit ke-45, Zahaby Gholy mencetak gol pertama untuk tim Merah-Putih setelah menerima umpan terobosan dari lini tengah. Gol ini membuka jalan bagi Indonesia untuk mengontrol pertandingan.

Menjelang akhir babak pertama, Dafa Zaidan memperbesar keunggulan Indonesia menjadi 2-0 dengan tendangan keras dari luar kotak penalti yang tidak mampu dihalau oleh kiper Vietnam, Xoa Hua Tin.

Memasuki babak kedua, Vietnam mencoba meningkatkan tekanan untuk mengejar ketertinggalan. Pada menit ke-47, terjadi kemelut di depan gawang Indonesia, namun berhasil disapu bersih oleh lini pertahanan Indonesia yang bermain dengan disiplin tinggi.

Indonesia tidak berhenti menekan. Peluang emas didapatkan pada menit ke-68 melalui Evandra Florasta, namun usahanya digagalkan oleh pertahanan Vietnam.

Penjaga gawang Indonesia, Dafa Al Gasemi, juga menunjukkan performa solid dengan menggagalkan tembakan Chu Ngoc Nguyen Luc pada menit ke-69, menghasilkan tendangan sudut untuk Vietnam yang tak membuahkan hasil.

Baca Juga: Cristiano Ronaldo Sebut Euro 2024 jadi yang Terakhir untuk Dirinya

Indonesia menambah pundi-pundi golnya pada menit ke-75 melalui aksi individu Daniel Alfrido yang berhasil melewati beberapa pemain Vietnam sebelum mencetak gol ketiga.

Hanya tiga menit berselang, Zahaby Gholy kembali mencatatkan namanya di papan skor setelah menerima umpan tarik dari Mierza Fijartullah, menjadikan skor 4-0 untuk Indonesia.

Tidak berhenti di situ, pada menit ke-82, Daniel Alfrido mencetak gol kelima Indonesia. Gol ini berasal dari umpan matang Mierza yang diselesaikan dengan baik oleh Daniel. Hingga peluit akhir berbunyi, tidak ada tambahan gol dari kedua tim, mengakhiri pertandingan dengan kemenangan 5-0 untuk Indonesia.

Dengan kemenangan ini, Timnas Indonesia U-16 mencatatkan diri sebagai tim peraih peringkat ketiga terbaik di Piala AFF U-16 untuk ketiga kalinya, setelah sebelumnya meraih posisi yang sama pada tahun 2002 dan 2019.

Susunan Pemain

Vietnam

  • Kiper: Xoa Hua Tin
  • Bek: Nguyen Manh Cuong, Nguyen Hong Quang, Le Tan Dung, Pham Duy Long
  • Gelandang: Tran Dong Thuc, Nguyen Thai Hoa, Chu Ngoc Nguyen, Bui Duy Dang
  • Penyerang: Tran Thanh Binh, Nguyen Thai Hieu

Indonesia

  • Kiper: Dafa Al Gasemi
  • Bek: Dafa Zaidan, Ida Bagus Putu Cahya, I Putu Panji Apriawan, Andi Faith Jamaludin, Fabio Azkairawan
  • Gelandang: Lucas Lee, Tristan Raissa, Zahaby Gholy
  • Penyerang: Josh Holong (digantikan Mierza Firjatullah pada menit ke-60), Fandi Ahmad (digantikan Daniel Alfrido pada menit ke-46)

Pelatih Timnas Indonesia U-16, Nova Arianto, mengapresiasi kinerja timnya yang mampu bangkit setelah gagal melaju ke final.

"Anak-anak bermain dengan semangat luar biasa. Kemenangan ini adalah hasil kerja keras mereka dan kami sangat bangga dengan pencapaian ini," ujar Nova Arianto dalam konferensi pers usai pertandingan.

Baca Juga: Resmi! Erick Thohir Perpanjang Shin Tae-yong Sampai 2027