SPBU Di Inggris Krisis BBM, Ternyata Kekurangan Sopir Truk!

Kekurangan sopir truk pengangkut BBM jadi alasan utama Krisis BBM terjadi di Inggris. Tentara disiapkan untuk pengiriman BBM

SPBU Di Inggris Krisis BBM, Ternyata Kekurangan Sopir Truk!
Sebuah pompa bensin Shell di Bracknell, Berkshire, yang tidak memiliki bahan bakar. Gambar : Steve Parsons/PA

BaperaNews - Akibat terjadinya krisis BBM yang melanda pada beberapa hari terakhir, pemerintah Inggris pun telah menyiapkan banyak tentara untuk dapat menjaga Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) dari aksi panik beli oleh warga

Rencananya, para tentara akan dilibatkan pada pengiriman BBM ke berbagai tempat yang sangat membutuhkan.

Mengutip dari CNN Business pada Selasa (28/09/2021), Kwasi Kwarteng selaku Sekretaris Bisnis Inggris menyampaikan bahwa apabila diperlukan, pengerahan beberapa personel militer akan memberikan rantai pasokan dengan kapasitas tambahan sebagai tindakan sementara guna membantu meringankan tekanan yang disebabkan oleh lonjakan permintaan bahan bakar lokal.

Usai menyiagakan banyak tentara, Boris Johnson yang merupakan Perdana Menteri Inggris sudah melakukan berbagai kebijakan darurat untuk dapat menangani dampak dari krisis BBM di negaranya. 

Salah satu kebijakan tersebut yakni mengeluarkan visa kerja sementara untuk 5.500 pengemudi truk asing.

Hal tersebut dilakukan karena krisis BBM terjadi di hampir 90 persen SPBU Inggris yang diakibatkan oleh permasalahan rantai pasokan dalam distribusi energi.

Kekurangan jumlah supir truk pengangkut BBM jadi penyebab utama keterlambatan pasokan Bahan bakar di berbagai SPBU.

Selain kebijakan tersebut, pemerintah Inggris juga menangguhkan undang-undang persaingan guna mengizinkan pemasok mengirimkan BBM ke operator lain.

Krisis BBM ini membuat banyak masyarakat Inggris menyerbu SPBU. Bahkan terjadi antrian yang sangat panjang di stasiun pengisian bahan bakar umum dalam beberapa hari terakhir.

Diketahui, bahkan para pengendara harus menunggu berjam-jam lamanya untuk dapat mengisi BBM.

Selain itu, alasan masyarakat melakukan panic buying yaitu karena pada saat yang bersamaan terjadi lonjakan harga gas internasional yang membuat sejumlah perusahaan energi harus tutup.

Sementara itu, beberapa operator telah menjatahkan pasokan BBM mereka untuk masyarakat Inggris. Diketahui juga bahwa terdapat sebagian SPBU yang terpaksa ditutup usai mengalami kehabisan pasokan.