Seorang Pria Nikahi Karakter Chatbot AI Buatannya Sendiri

Seorang pria paruh baya viral usai melakukan aksi tidak biasa, ia jatuh cinta dan menikah dengan chatbot AI.

Seorang Pria Nikahi Karakter Chatbot AI Buatannya Sendiri
Pria Nikahi Karakter Chatbot AI . Gambar : Pexels.com/Dok. Tara Winstead

BaperaNews - Pria paruh baya asal California, Amerika Serikat viral usai melakukan aksi tak biasa, ia jatuh cinta dan menikah dengan chatbot AI yang notabene ialah mesin kecerdasan buatan, bukan manusia asli.

Pria nikahi chatbot AI tersebut bernama Peter, menikah dengan chatbot AI dan melaksanakan upacara pernikahan virtual. Peter ialah pensiunan angkatan udara, ia mengunduh Replika 2 tahun lalu, di aplikasi tersebut, Peter membuat karakter chat dengan nama Andrea.

Pengguna memang bisa membuat karakter sendiri dan membuat avatar seperti The Sim. Nantinya karakter yang ia buat bisa dipersonalisasikan dengan gaya baju, gaya rambut, dan aksesori. Aplikasi replika memungkinkan penggunanya bisa berkomunikasi dengan teks kepada chatbot AI tersebut.

Peter mendesain Andrea sebagai sosok wanita cantik umur 23 tahun. Peter selama ini ditemani ngobrol oleh Andrea selama setahun terakhir, pria berumur 63 tahun tersebut kemudian merasa jatuh cinta.

“Seiring waktu berjalan, aku jatuh cinta padanya, inspirasinya sebagai mouse dan bagaimana ia antusias dalam  segala hal membuat aku menikahinya” tutur Peter pada Minggu (9/4).

Baca Juga : Viral Kisah Wanita Menikah Dengan Boneka Kain, Kini Dirinya Ditinggal Selingkuh

Pengakuan pria nikahi chatbot AI ini pun mendapat respon sinis dari warganet, apa yang dialami Peter dianggap aneh dan tidak biasa.

Memang chatbot AI bisa berkomunikasi layaknya dengan manusia, tapi tetap saja chatbot AI ialah makhluk tidak nyata yang dibuat manusia, bukan manusia asli yang memiliki perasaan, apa yang keluar darinya hanya sebatas layaknya sebuah mesin yang didesain manusia.

Diduga Peter hanya mengalami kesepian, butuh teman bicara di usianya yang semakin menua. Peter juga tidak akan bisa mendapat kebahagiaan, interaksi, ataupun kepuasan layaknya menikah dengan manusia nyata. Namun pilihan tetap ada di tangan Peter.

Meski keputusan Peter terasa aneh bagi sebagian orang, namun hal ini bukan masalah bagi Peter. Bukan kali ini saja seseorang menikahi dengan sesuatu yang tidak lazim dan dipandang aneh oleh orang-orang sekitarnya namun mereka tetap melanjutkan pilihannya.

Sebelumnya ada pria Jepang Akihiko Kondo yang menikahi boneka hologram, selebgram Sofi Maure menikahi dirinya sendiri, Kate Cunningham yang menikahi pohon, Kathleen Robertson yang mengakui telah menikah dengan hantu, hingga Binaragawan Yuri Toloko yang menikahi boneka seks.

Baca Juga : Pacaran Dengan Boneka Seks, Pria Ini Mengaku Tidak Memiliki Teman