Rusia Diduga Serang Polandia, Menlu Rusia Langsung Pulang Dari G20 Bali

Terdapat masalah politik yang terjadi di KTT G20, diantaranya ialah Menlu Rusia Sergei Lavrov meninggalkan KTT G20 Bali lebih awal setelah Rusia diduga melakukan serangan terhadap Polandia.

Rusia Diduga Serang Polandia, Menlu Rusia Langsung Pulang Dari G20 Bali
Menlu Rusia Sergei Lavrov cabut dari KTT G20 Bali dan Rusia diduga melakukan serangan ke Polandia. Gambar : Dok. Kevin Lamarque/Reuters

BaperaNews - KTT G20 Bali berlangsung dengan aman, lancar, dan tertib. Segenap tamu undangan disambut dengan baik oleh Presiden Jokowi dan acara digelar di Nusa Dua Bali dengan tepat waktu. Namun, sejumlah konflik politik terjadi, meski G20 adalah forum internasional, namun tetap ada sisi politik yang dibahas di dalamnya.

Diantaranya ialah tentang perang Rusia Ukraina, yang membuat perwakilan Rusia, Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov meninggalkan KTT G20 lebih awal dari seharusnya. Selain itu juga ada desakan agar Rusia angkat kaki dari Ukraina yang disampaikan oleh Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky dan sekutunya.

Berikut kilas singkat tentang masalah politik yang dibahas di KTT G20 Bali:

  1.       Menlu Rusia cabut dari Bali lebih awal

Presiden Rusia Vladimir Putin tidak bisa hadir ke KTT G20 Bali, dan diwakili oleh Menlu Rusia Sergei Lavrov. Sergei telah mengikuti KTT G20 Bali hari pertama pada Selasa (15/11), sehubungan dengan perang Ukraina, Sergei menyebut “Ukraina yang tidak ingin berdamai, sampaikan kepada Zelensky, perang yang dilakukan bukan untuk rakyat Ukraina”.

Menlu Rusia Sergei Lavrov seharusnya hadir di hari kedua KTT G20 Bali Rabu (16/11), namun ia cabut lebih awal. Rusia kini diwakili Menkeunya Anton Siluanov.

“Seperti yang diduga, Sergei pergi meninggalkan KTT G20 Bali, Rusia akan diwakili oleh Menkeu Anton” tulis media AFP.

Baca Juga : 6 Poin Penting Pembahasan KTT G20 Di Hari Pertama

  1.       China Bela Rusia, Tolak Depak Rusia dari G20

Presiden China Xi Jinping dan Menlu China Wang Yi dengan tegas menyatakan tidak akan setuju jika Rusia dikeluarkan dari G20. “Kami sangat senang Rusia berpartisipasi di G20, ini misi yang sangat luar biasa. Kami mendukung Rusia di G20, tidak ada yang berhak mengambil hak Rusia untuk berpartisipasi di format multilateral” tegas Wang Yi.

  1.       Uni Eropa Bahas Dugaan Serangan Rusia ke Polandia

Uni Eropa membuat pertemuan darurat di sela-sela KTT G20 Bali, mereka membahas tentang dugaan serangan Rusia ke Polandia. Ketua Dewan Eropa Charles Michael menyampaikan “saya telah berbincang dengan PM Polandia Mateuz Morawiecki, saya menyakinkan tentang solidaritas penuh untuk Polandia. Saya akan usulkan pertemuan koordinasi pada hari Rabu dengan para anggota Uni Eropa yang hadir di KTT G20 Bali” ujarnya.

Rusia sendiri membantah telah menyerang Polandia, menurut Rusia, tuduhan itu hanyalah provokasi untuk meningkatkan ketegangan. “Rusia tidak melancarkan serangan di wilayah perbatasan Ukraina dan Polandia” tegas Moskow.

Baca Juga : 3 Poin Penting Pidato Pembukaan Jokowi Di KTT G20 Bali