Ranny Fahd A Rafiq Apresiasi Kemudahan Akses Layanan Darurat Medis 119

Ranny Fahd A Rafiq, memberikan apresiasi atas kemudahan yang diberikan oleh Kemenkes dalam menyediakan layanan darurat medis 119.

Ranny Fahd A Rafiq Apresiasi Kemudahan Akses Layanan Darurat Medis 119
Ranny Fahd A Rafiq Apresiasi Kemudahan Akses Layanan Darurat Medis 119. Gambar : Istimewa

BaperaNews - Ranny Fahd A Rafiq, salah satu anggota DPR RI, memberikan apresiasi atas kemudahan yang diberikan oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia dalam menyediakan layanan darurat medis 119 yang kini semakin mudah diakses oleh masyarakat.

Layanan ini diharapkan dapat memberikan respons cepat terhadap kondisi kegawatdaruratan medis yang membutuhkan penanganan segera.

Layanan darurat medis 119 kini terintegrasi dengan aplikasi SATUSEHAT Mobile, yang memungkinkan masyarakat untuk menghubungi pusat bantuan medis hanya melalui ponsel. Akses cepat ini dapat dilakukan dengan langkah-langkah sederhana sebagai berikut:

  1. Tekan lama aplikasi SATUSEHAT di ponsel.
  2. Pilih “Darurat Medis” untuk segera menghubungi 119.
  3. Ikuti instruksi dan jelaskan kondisi yang dialami kepada operator.
  4. Bantuan medis atau ambulans akan segera dikirim ke lokasi pengguna.

Baca Juga : Ranny Fahd A Rafiq Dukung Kemenkes dalam Mendorong Bali Jadi Destinasi Wisata Medis Internasional

Mekanisme panggilan darurat ini didasarkan pada Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 19 Tahun 2016 tentang Sistem Penanggulangan Gawat Darurat Terpadu (SPGDT), yang mengatur alur penanganan kegawatdaruratan medis melalui call center 119 dan Public Safety Center (PSC) di seluruh Indonesia.

Operator akan langsung merespons panggilan darurat dan berkoordinasi dengan PSC di daerah untuk mengirim bantuan medis atau ambulans ke lokasi kejadian.

Selain itu, PSC juga berperan penting dalam memberikan informasi terkait ketersediaan ruang rumah sakit, fasilitas kesehatan terdekat, serta bantuan ambulans. Hal ini memastikan pasien yang membutuhkan penanganan gawat darurat mendapatkan bantuan secepat mungkin.

Ranny Fahd A Rafiq menyatakan bahwa, “Kemudahan akses layanan darurat medis 119 melalui SATUSEHAT Mobile merupakan langkah yang sangat positif. Ini membantu masyarakat mendapatkan pertolongan cepat dan tepat saat dalam kondisi darurat. Saya harap layanan ini dapat terus ditingkatkan dan dijangkau oleh seluruh lapisan masyarakat di Indonesia."

Dengan hadirnya sistem terpadu ini, diharapkan layanan kegawatdaruratan medis di Indonesia semakin efisien dan memberikan dampak positif bagi masyarakat yang membutuhkan pertolongan mendesak.