Pesan Jokowi Untuk Anak Muda: Jangan Bercita-Cita Jadi PNS

Presiden Jokowi memberikan sebuah pesan untuk anak muda di seluruh Indonesia agar memiliki cita-cita yang luas, tidak hanya bercita-cita menjadi PNS.

Pesan Jokowi Untuk Anak Muda: Jangan Bercita-Cita Jadi PNS
Pesan Jokowi Untuk Anak Muda: Jangan Punya Cita-Cita Jadi PNS. Gambar : Setneg.go.id

BaperaNews - PNS (Pegawai Negeri Sipil) menjadi pekerjaan dambaan hampir semua warga Indonesia. Tak sedikit orang tua yang berharap anaknya bisa menjadi PNS, tak sedikit pula anak muda yang bercita-cita jadi PNS.

PNS jadi pekerjaan idaman tak lain karena terkenal akan tingkat kemakmurannya yakni mendapat jam kerja yang pasti, gaji dan tunjangan yang pasti, ditambah status pekerjaan yang menetap.

Namun Presiden Jokowi baru-baru ini memberi nasehat pada anak-anak muda di Papua agar memiliki cita-cita yang luas, tidak hanya bercita-cita jadi PNS. Jokowi semula membahas tentang wilayah Papua yang memiliki populasi 2,6 jutaan anak muda.

Jokowi berharap 2,6 jutaan anak muda di Papua tersebut punya cita-cita yang beragam, kelak jadi sosok dengan profesi beragam, tidak hanya bercita-cita jadi PNS. Itulah harapan dari pesan Jokowi untuk anak muda di Papua.

“Ini perlu wadah untuk kesempatan kerja, kita perlu peluang kerja, jangan pikir kita semua akan jadi PNS” pesan Jokowi dalam acara peresmian Papua Youth Creative Hub pada Selasa (21/3) di Jayapura.

Jokowi senang melihat anak-anak muda Papua minat untuk menjelajah profesi kreatif seperti tata busana hingga fotografer.

Baca Juga : Jelang Puasa dan Lebaran 2023, Jokowi Akan Umumkan THR PNS

Ia berharap Papua Youth Creative Hub bisa jadi salah satu sarana untuk anak muda dalam mengeluarkan potensi mereka sebaik-baiknya.

“Ini bagus sekali, saya kaget di PYCH ini ada semua mulai dari pembuatan HP, laptop, studio musik, kemudian ada podcast, studio fotografi. Kalau ini diteruskan, jangan-jangan anak muda dari Provinsi lain bisa ketinggalan dari anak muda di Papua” imbuhnya.

Sebab itu Jokowi berharap anak-anak muda ini bisa menggali potensi mereka sebaik-baiknya, PYCH juga memberi dukungan untuk hal tersebut, agar anak-anak muda Papua bisa memiliki keterampilan dan profesi yang beragam.

PYCH sendiri ialah kompleks di Jayapura yang dibuat khusus sebagai wadah kegiatan kreatif anak-anak muda Papua. PYCH juga disebut sebagai Silicon Valleynya Indonesia.

Jokowi ingin wilayah lain juga membangun PYCH seperti di Papua ini misalnya di Aceh, Maluku, dan Nusa Tenggara. Jokowi ingin kompleks kreatif ini bisa jadi pendorong bonus demografi yang ada di Indonesia.

Jokowi menyebut bahwa ada banyak profesi di dunia ini, tentu jika ditekuni dengan sungguh-sungguh akan mendatangkan hasil yang memuaskan. Jadi kemakmuran tidak hanya bisa didapat dari pekerjaan PNS, kita semua bisa makmur dengan pekerjaan dan usaha apapun!

Baca Juga : Pengumuman! Selama Puasa, PNS Kerja Mulai Dari Jam 08.00-15.00