Penting! Inilah Amalan Nuzulul Quran

Malam Nuzulul Quran jatuh pada hari ini, Jumat 7 April 2023. Terdapat beberapa amalan yang perlu kamu ketahui di malam Nuzulul Quran. Berikut 5 amalan Nuzulul Quran.

Penting! Inilah Amalan Nuzulul  Quran
Amalan-Amalan Nuzulul Quran. Gambar : Pixabay.com/Dok. LorettaLynn

BaperaNews - Umat Muslim di seluruh dunia akan merayakan momen penting, Nuzulul Quran yang akan jatuh pada 7 April 2023.Momen ini diselimuti oleh keberkahan dan rahmat. 

Untuk merayakan momen penting ini, Bapera News akan membahas amalan Nuzulul Quran hingga doa-doa menyambut malam spesial tersebut. 

Apa Itu Nuzulul Quran?

Nuzulul Quran adalah peristiwa turunnya Al-Qur'an yang pertama kali kepada Rasulullah SAW melalui perantaraan malaikat Jibril. Peristiwa ini terjadi pada tanggal 17 Ramadhan, dan menjadi salah satu malam yang penuh dengan keberkahan di bulan Ramadhan.

Malaikat Jibril memerintahkan Nabi Muhammad SAW untuk membaca wahyu yang berbunyi: "Bacalah dengan nama Tuhanmu yang menciptakan, Dia menciptakan manusia dari segumpal darah. Bacalah, dan Tuhanmu yang Maha Pemurah, yang mengajarkan manusia melalui pena dan tulisan, Dia mengajarkan manusia apa yang tidak mereka ketahui." (Al-Qur'an, Surah Al-'Alaq: 1-5).

Peristiwa Nuzulul Quran adalah awal dari penurunan wahyu yang kemudian berlangsung selama 23 tahun hingga Al-Qur'an lengkap sebagai kitab suci umat Islam. 

Dalam kurun waktu tersebut, Nabi Muhammad SAW menerima wahyu-wahyu dari Allah SWT yang kemudian diabadikan dalam bentuk tulisan oleh para sahabat dan disampaikan secara lisan dari generasi ke generasi.

Selama Nuzulul Quran 2023, umat muslim di seluruh dunia akan mengadakan berbagai amalan untuk memperingati peristiwa tersebut demi meningkatkan ibadah, dan menjadikannya sebagai sarana mendekatkan diri kepada Allah SWT. Berikut ini amalan yang dapat dilakukan di malam Nuzulul Quran untuk meraih keberkahan dan pahala.

Amalan di Malam Nuzulul Quran : 

1. Sholat Malam

Sholat Malam. Gambar : Freepik.com/Dok. gstudioimagen1

Melakukan sholat malam atau tahajud di malam Nuzulul Quran merupakan amalan yang sangat dianjurkan. Sholat malam ini bisa dilakukan secara berjamaah di Masjid atau di rumah, dengan tujuan mendekatkan diri kepada Allah SWT.

2. Itikaf di Masjid

Itikaf di Masjid. Gambar : Pixabay.com/Dok. mucahityildiz

Itikaf adalah berdiam diri di Masjid untuk khusyuk beribadah kepada Allah. Itikaf di malam Nuzulul Quran dapat dilakukan dengan niat memperingati peristiwa turunnya Al-Qur'an dan mendapatkan keberkahan dari Allah SWT.

3. Mengadakan Pengajian

Mengadakan Pengajian. Gambar : Pixabay.com/Dok. Pexels

Mengadakan pengajian di malam Nuzulul Quran merupakan amalan yang baik untuk meningkatkan ilmu dan pemahaman tentang Al-Qur'an. Pengajian ini bisa diadakan di Masjid, rumah, atau tempat lain yang kondusif.

4. Memperbanyak Dzikir

Memperbanyak Dzikir. Gambar : Pixabay.com/Dok. iqba

Dzikir adalah mengingat Allah dengan melantunkan zikir dan doa. Di malam Nuzulul Quran, umat muslim dianjurkan untuk memperbanyak dzikir sebagai bentuk penghormatan dan rasa syukur atas turunnya Al-Qur'an.

5. Tadarus Al-Quran

Tadarus Al-Quran. Gambar : Pixabay.com/Dok. prithpalbhatia9

Tadarus Al-Quran adalah membaca dan mempelajari Al-Qur'an secara rutin. Di malam Nuzulul Quran, umat muslim dianjurkan untuk meluangkan waktu membaca dan memahami isi Al-Qur'an sebagai bentuk penghargaan atas kitab suci tersebut.

Doa Menyambut Nuzulul Quran

Berikut adalah doa-doa yang bisa dibaca untuk menyambut Nuzulul Quran:

Doa Memohon Rahmat dari Al-Qur'an

Arab:

أَللّٰهُمَّ ارْحَمْنِي بِالْقُرْآنِ, وَاجْعَلْهُ لِي إِمَاماً, وَنُوْراً, وَهُدًى وَرَحْمَةً, أَللّٰهُمَّ ذَكِّرْنِي مِنْهُ مَا نَسِيْتُ, وَعَلِّمْنِي مِنْهُ مَا جَهِلْتُ, وَارْزُقْنِي تِلَاوَتَهُ آناَءَ اللَّيْلِ, وَأَطْرَفَ النَّهَارِ , وَاجْعَلْهُ لِي حُجَّةً يَا رَبَّ الْعَالَمِيْنَ

Latin:

Allaahummarhamni bil quran. Waj'alhu lii imaama wa nuran wa hudan wa rohman. Allaahumma dzakkirnii minhu maa nasiitu wa 'allimnii minhu maa jahiltu warzuqnii tilawatahu aaa-allaili wa'atrofannahaar waj'alhu lii hujatan yaa rabbal 'aalamin.

Artinya:

Ya Allah, rahmatilah aku dengan Al-Qur'an. Jadikan lah ia sebagai pemimpin, cahaya, petunjuk, dan rahmat bagiku. Ya Allah, ingatkan aku atas apa yang terlupakan darinya. Ajarilah aku atas apa yang belum tahu darinya. Berikanlah aku kemampuan membacanya sepanjang malam dan ujung siang. Jadikanlah ia sebagai pembelaku, wahai Tuhan Semesta Alam.

Doa Memohon Kebaikan dari Al-Qur'an

Arab:

أَللّهُمَّ نَوِّرْ قُـلُوْبَنـَا بِالْقُـرْآن، وَ زَیِّـنْ أَخْلَاقَـنَا بـِالْقُـرْآن وَ أَصْلِـحْ اُمُورَنـــَا بِالْقُـرْآن، وَأشْـفِ مَرْضَانـَا بـِالْقـُـرْآن وَ اَدِّ دُیُـوْنَـنَـا بِالْقُـرْآن، وَ فـَرِّجْ هُمُوْمَنـَا بـِالْقُـرْآن وَ اغْـفِرْ لِمُوْتـَانَـا بِالْقُـرْآن، وَ سَلِّمْ مُسَافِـرِیْنـَا بِالْقـُـرْآن وَ احْفَظْ إِمَامَ زَمَانِـنَا بِالْقُـرْآن، وَعَجِّل فَرَجَ إِمَامِنَا بِالْقُـرْآن وَ أحْفَظْ عُلَـمَائَنـَا بِالْقُـرْآن، وَ أکْشِـفْ کُـرُوْبَنــَا بِالقُـرْآن وَ أحْـفَـظْ قَـائِدَنـَا بِالْقُـرْآن، وَ أنْصُـرْ جُـیـُوْشَنَا بِالْقُـرْآن وَ أرْحَـمْ إِمـَامَنـَا بِالْقُـرْآن، وَ أرْحَـمْ شُهَـدَاءَنـَا بِالْقُـرْآن وَ نَجِـّنـَا مِـنَ النـَّارِ بِالْقُـرْآن، وَ أدْخِـلْنـَا فِي الْجَـنـَّةِ بِالْقُـرْآن أَللّهُمَّ أجْعَلِ الْقُـرْآنَ لَنـَا فِي الدُّنْیـَا قَـَرِیْنـًا وَ فِي ألْقَـبْرِمُـوْنِـسًـا وَ أَنِـیْسًـا وَ عَلَی الصِّرَاتِ نُـوْرًا وَ دَلِیْلًا وَ فِي ألْجَنـَّةِ رَفِـیْقـًا وَ شَفِـیْقـًا بِرَحْمَتِـكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْـن

Latin:

Allahumma nawwir qulubana bil Qur'an, Wazaiyin akhlaqona bil Qur'an, Wa aslikh umurona bil Qur'an, Wa ashfi mardhoona bil Qur'an, Wa addi duyuu nana bil Qur'an, Wa Farrij humumana bil Qur'an Waghfir limutana bil Qur'an, Wasallim musafiriina bil Qur'an wakhfadz imama zamanina bil Qur'an, Wa'ajjil faroja imamina bil Qur'an Wakhfadz ulama ana bil Qur'an, Wakshif kurubana bil Qur'an Wakhfidz Qo'idana bil Qur'an, Wansur Juyushana bil Qur'an wa arham imamana bil Qur'an, Wa arham Shuhadaana bil Qur'an wanajjina minannaari bil Qur'an, Wa adkhilna fil jannati bil Qur'an Allohumma j'al Qur'ana lana fid dunya qoriina Wafil Qobri muunisa Wa anisa Wa'ala Syiroti nuron Wadalilan Wafil Jannati rofiqo Washafiqon Birohmatika Ya Arhamaro himiin.

Artinya:

Ya Allah, sinarilah hati kami dengan Al-Qur'an dan hiasilah akhlak kami dengan Al-Qur'an. Perbaikilah urusan kami dengan Al-Qur'an dan sembuhkanlah penyakit kami dengan Al-Qur'an. Tunaikanlah hutang kami dengan Al-Qur'an dan hilangkanlah kegelisahan kami dengan Al-Qur'an. Ampunilah orang-orang yang telah wafat dengan Al-Qur'an dan berilah keselamatan para musafir kami dengan Al-Qur'an. Jagalah imam jaman kami dengan Al-Qur'an dan segerakanlah kemunculannya dengan Al-Qur'an. Jagalah ulama kami dengan Al-Qur'an dan hilangkanlah kesusahan hati kami dengan Al-Qur'an. Jagalah pemimpin kami dengan Alquran dan tolonglah tentara kami dengan Al-Qur'an. Rahmatilah imam kami dengan Al-Qur'an dan rahmatilah para syahid kami dengan Al-Qur'an. ٍSelamatkanlah kami dari neraka dengan Al-Qur'an dan masukkanlah kami ke surga dengan Al-Qur'an. Ya Allah, jadikanlah Al-Qur'an sahabat di dunia, penenteram serta teman penghangat kami di dalam kubur cahaya dan petunjuk di atas shirat teman dan penyayang kami di surga. Dengan rahmat-Mu, wahai Yang Maha Pengasih di atas semua pengasih.

Doa Sholawat Kalamun Qodimun

Arab:

گلام قديم لا يمل سماعهتنزه عن قول وفعل ونية به أشتفی من کل داء ونوره دليل لقلبی عند جهلی وحيرتی فيا رب متعنی بسر حروفه ونوربه قلبی وسمعی ومقلتی ويارب يافتاح إفتح قلوبنا وفهم به قلبی علوم الشريعة وصل وسلم ياإلهی لمنذر عدد حروف بالقرآن والسورة

Latin:

Kalaamun qodiimu laa yumallu samaa'uhu, Tanazzaha 'an qoulin wa fi'lin wa niyyati, Bihi asytafii min kulli daa-in wa nuuruhu, Daliilun liqolbii 'inda jahlii wa hairotii, Fayaa robbi matti'nii bisirri huruufihi, Wa nawwir bihi qolbii wa sam'ii wa muqlatii, Wa yaa robbi yaa fattaah iftah quluubanaa, Wa fahhim bihi qolbi 'uluumasy-syarii'ati

Artinya:

Al-Qur'an adalah kalamullah yang qadim yang tidak ada kebosanan untuk didengarkan. Yang disucikan dari ucapan, perbuatan dan kehendak. Dengan Al-Qur'an itu aku minta kesembuhan dari segala penyakit dan cahaya Al-Qur'an itu menjadi petunjuk hatiku ketika aku dalam kebodohan dan kebingungan. Wahai Tuhanku, anugerahilah aku dengan rahasia dalam huruf Al-Qur'an. Dan berilah cahaya di hatiku, pendengaran dan mataku berkat Al-Qur'an. Tuhanku yang Maha pembuka, bukakanlah hati kami dan pahamkanlah hati ini dengannya ilmu-ilmu syariat.

Nuzulul Quran menjadi momen yang sangat penting dan memiliki banyak hikmah yang dapat diambil oleh umat muslim. Oleh karena itu, merayakan Nuzulul Quran dengan amalan-amalan yang baik dan penuh keberkahan akan membawa manfaat yang besar bagi kehidupan kamu.

Amalan-amalan seperti sholat malam, itikaf, mengadakan pengajian, memperbanyak dzikir, dan tadarus Al-Qur'an di malam Nuzulul Quran akan membantu kamu mendekatkan diri kepada Allah SWT dan memahami makna serta hikmah yang terkandung dalam Al-Qur'an. Dengan menjalankan amalan Nuzulul Quran dan meresapi makna peristiwa ini.

Semoga kita dapat menjadi umat muslim yang lebih baik dan selalu menjadikan Al-Qur'an sebagai pedoman hidup kita.