Pemerintah Telah Mengizinkan Festival Hingga Konser Musik Dalam Skala Besar

Resepsi pernikahan, festival hingga konser musik telah diizinkan oleh pemerintah dengan syarat protokol kesehatan yang ketat.

Pemerintah Telah Mengizinkan Festival Hingga Konser Musik Dalam Skala Besar
Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. PLate.(ANTARA/ADITYA PRADANA PUTRA)

BaperaNews - Pemerintah telah mengizinkan untuk penyelenggaraan kegiatan berskala besar seperti resepsi pernikahan, festival, pesta, sampai konser musik walaupun pandemi Covid-19 ini belum selesai.

Izin tersebut nantinya akan diberikan apabila penyelenggaraan kegiatan tersebut melaksanakan protokol kesehatan yang ketat.

Johnny G. Plate selaku Menkominfo mengatakan bahwa izin tersebut juga diberikan untuk mempercepat pemulihan ekonomi serta dapat mewadahi produktivitas masyarakat.

Melalui siaran pers, Johnny mengatakan bahwa dengan mempertimbangkan perlunya pemerintah agar dapat mewadahi aktivitas masyarakat agar tetap produktif namun juga aman dari Covid-19, kini pemerintah dapat memberikan izin untuk mengadakan perhelatan dan pertemuan dalam skala besar yang melibatkan banyak orang, asalkan kegiatan tersebut mematuhi pedoman penyelenggaraan atau protokol kesehatan yang telah ditetapkan.

Johnny pun menambahkan bahwa izin penyelenggaraan kegiatan tersebut akan diberikan selama kasus Covid-19 dalam kondisi yang terkendali.

Selain itu, penyelenggaraan kegiatan tersebut harus didukung dengan kesiapan sarana serta prasarana yang dapat menunjang protokol kesehatan.

Sampai saat ini, seperti Kompetisi Sepak Bola Liga 1 dan 2 dan juga PON XX yang dilaksanakan di Papua juga termasuk ke dalam acara besar yang telah diberikan izin untuk dapat diselenggarakan.

Setelah itu, para penyelenggara kegiatan juga harus dapat memperhitungkan kondisi kasus Covid-19 di daerahnya, potensi penularan selama kegiatan, tata kelola ruangan, jumlah partisipan, durasi kegiatan, dan juga kemungkinan peserta kegiatan yang belum divaksinasi Covid-19.

Johnny melanjutkan bahwa penyelenggara juga harus didukung dengan kesiapan yang matang dan juga komitmen tinggi penyelenggara dalam mengutamakan kesehatan serta keselamatan setiap orang yang terlibat, mengingat risiko penularan dapat meningkat apabila banyak terjadi interaksi antar manusia dalam kerumunan.

Selain itu, pemerintah juga telah menerapkan pedoman untuk penyelenggaraan kegiatan besar.

Pedoman pertama yang harus dilakukan sebelum kegiatan dimulai yakni memberikan edukasi kesehatan, menyusun pedoman pelaksanaan dengan rencana kontijensi, dan juga memastikan fasilitas pendukung protokol kesehatan.

Pedoman kedua yaitu ketika kegiatan tengah berlangsung, penyelenggara wajib memastikan screening kesehatan, memastikan alat kesehatan pendukung cukup dan mudah terakses, dan memastikan setiap partisipan mematuhi protokol kesehatan.

Pedoman terakhir yaitu ketika acara selesai, penyelenggara kegiatan ini wajib memastikan tak dada kasus positif Covid-19 yang lolos kembali ke daerah asal serta mengoptimalkan karantina mandiri.

Terakhir, Johnny mengingatkan agar masyarakat dapat beradaptasi dengan perilaku hidup bersama Covid-19 agar seluruh partisipan dan penyelenggara bisa sehat datang, sehat pulang.