Menhub Minta Garuda Hingga Lion Air Kasih Diskon 20% Pada 26 - 29 April 2023

Menhub Budi Karya meminta sejumlah maskapai penerbangan tanah air seperti Garuda Indonesia hingga Lion Air untuk memberikan diskon tiket pesawat pada 26- 29 April 2023.

Menhub Minta Garuda Hingga Lion Air Kasih Diskon 20% Pada 26 - 29 April 2023
Menhub Minta Garuda Hingga Lion Air Kasih Diskon 20%. Gambar : Dok. Garuda Indonesia

BaperaNews - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meminta sejumlah maskapai penerbangan tanah air memberi diskon tiket pesawat untuk masa arus balik tanggal 26-29 April 2023 agar mengurangi kepadatan jumlah pemudik di tanggal 24-25 April.

Budi mengaku sudah berkoordinasi dengan tiga maskapai tanah air yakni Garuda Indonesia, Lion Group, dan Citilink dan ketiga maskapai tersebut setuju memberi diskon tiket pesawat untuk pengguna layanan transportasi udara pada 26-29 April 2023.

“Untuk diskon Lion Air ini sudah kami koordinasikan kepada pimpinan maskapainya, rata-rata diskon Lion Air 20% hanya untuk empat hari itu 26-29 April” tutur Menhub Budi Karya pada Minggu (23/4).

Adapun pemberian diskon tiket pesawat ini bukan langkah intervensi dari pemerintah terkait tarif, sebab pemerintah tidak membuat perubahan di batas tarif atas dan tarif bawah transportasi udara.

Selain diskon tiket pesawat terbang, pemerintah juga mengupayakan diskon untuk transportasi darat yakni dari Jasa Marga. Jasa Marga memberi diskon tarif tol 20% untuk Jakarta-Cikampek yang berlaku di Gerbang Tol Cikampek Utama dan Kalihurip Utama. Diskon berlaku mulai Kamis (27/4) pukul 06.00 WIB sampai Sabtu (29/4) pukul 06.00 WIB.

Baca Juga : 9 Promo Makanan dan Minuman April 2023, Starbucks Beli 3 Hanya 75 Ribu!

Sementara itu puncak arus balik lebaran diperkirakan terjadi dalam dua periode yakni 24-25 April dan 29 April-1 Mei 2023. Untuk itu diharapkan masyarakat bisa memilih tanggal balik maupun transportasi yang terbaik untuk bisa menghindari resiko kepadatan maupun kemacetan di tanggal-tanggal ramai tersebut.

Diketahui para ASN, PNS, maupun pekerja swasta telah mulai masuk kerja pada hari ini Rabu, (26/4). Tentu dua hari sebelumnya banyak masyarakat mulai kembali ke kota tempat tinggal atau tempat bekerjanya untuk persiapan.

Sedangkan di beberapa wilayah sekolah sudah mulai masuk di tanggal yang sama Rabu (26/4) meski ada sekolah yang masih libur hingga 1 Mei mendatang.

Dari situlah bisa disimpulkan puncak arus balik lebaran terjadi pada 24-25 April dan 29 April-1 Mei. Bagi Anda yang mudik di luar tanggal padat tersebut bisa memilih jalur penerbangan dengan diskon tiket pesawat 20%, atau bagi Anda yang memilih jalur darat dengan kendaraan pribadi juga disediakan diskon jalan tol 20%.

Diharapkan dengan pemberian diskon tiket pesawat di tanggal tertentu ini bisa membuat masyarakat mudik di tanggal yang beragam, tidak serentak di tanggal perkiraan puncak mudik agar kepadatan dan kemacetan lalu lintas bisa dikendalikan.

Baca Juga : Tesla Beri Diskon Besar-besaran Untuk Model 3 dan Y!