Liga Inggris Izinkan Pemain Muslim Buka Puasa Saat Sedang Bertanding

Liga Inggris membuat kebijakan baru untuk para pemain sepakbola beragama Islam yakni memberikan izin buka puasa untuk pemain muslim saat pertandingan sedang berlangsung.

Liga Inggris Izinkan Pemain Muslim Buka Puasa Saat Sedang Bertanding
Liga Inggris Izinkan Pemain Muslim Buka Puasa Saat Sedang Bertanding. Gambar : Reuters/Dok. Phil Noble

BaperaNews - Liga Inggris membuat kebijakan baru pada bulan ramadhan 2023 ini yakni izin buka puasa untuk para pemain muslim.

Official pertandingan memastikan semua kompetisi sepakbola yang dilaksanakan di Inggris termasuk Liga Inggris harus memberikan izin buka puasa untuk pemain muslim ketika pertandingan sedang berlangsung di sore atau malam hari.

Sebagaimana diketahui, di Liga Inggris banyak pemain sepakbola beragama Islam. Diantaranya Mohamed Salah dari Liverpool, Riyad Mahrez di Manchester City, dan N'golo Kante di Chelsea. Tentu mereka tetap wajib menjalankan kewajiban puasa ramadhan sekaligus tetap berlaga sesuai jadwal yang ada.

Mereka akan berpuasa di siang hari sebagai bagian dari kewajiban sebagai umat islam. Sedangkan di waktu matahari terbenam mereka akan berbuka puasa. Hal ini akan memberi pengaruh pada pertandingan, tidak hanya untuk pemain muslim namun juga seluruh pemain dan divisi lain di Liga Inggris.

Sebab itulah, official pertandingan mendapat panduan kebijakan izin buka puasa Liga Inggris untuk pemain muslim dari badan wasir untuk pemberian jeda dalam permainan, untuk memberi waktu bagi para pemain muslim agar bisa berbuka puasa baik itu makan ringan, minum cairan, atau minum suplemen energi.

Baca Juga : Rayakan Ramadhan, Chelsea Akan Gelar Buka Puasa Bersama di Stamford Bridge

Sebelum kick off, dilakukan identifikasi dulu siapa pemain muslim yang perlu waktu untuk berbuka puasa selama pertandingan, wajib diusahakan untuk memberi waktu yang tepat agar pemain bisa berbuka puasa di waktu matahari terbenam.

Nantinya, para pemain muslim akan diizinkan berbuka puasa di pinggir lapangan selama bulan ramadhan 2023.

Kebijakan Liga Inggris beri izin pemain muslim buka puasa ini telah disetujui oleh FA (federasi sepakbola Inggris) dan PGMOL (badan wasit). Meski demikian, belum dijelaskan secara rinci berapa lama waktu diberikan untuk berbuka puasa, kemungkinan akan dilakukan dengan kondisional.

Tahun 2022 lalu, laga Crystal Palace vs Leicester City juga dihentikan sejenak di tengah laga untuk memberi waktu bagi para pemain muslim berbuka puasa. Kedua klub dan wasit sepakat bahwa ada jeda permainan untuk buka puasa.

Kebijakan ini mendapat tanggapan positif dari para fans, menunjukkan seluruh pihak yang berhubungan dengan sepakbola Inggris mengedepankan toleransi dalam beragama.

Tentu kebijakan Liga Inggris beri izin pemain muslim buka puasa ini diharapkan juga bisa diterapkan oleh asosiasi sepakbola lainnya di seluruh dunia terutama di negara-negara dengan umat muslim sebagai minoritasnya namun memiliki pemain sepakbola muslim di dalamnya.

Baca Juga : Pengumuman! Selama Puasa, PNS Kerja Mulai Dari Jam 08.00-15.00