Kemenpora Belum Bisa Pastikan Kapan Liga 1 Diizinkan Lanjut

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainuddin Amali belum bisa memastikan kapan Liga 1 akan diberikan izin untuk dilanjutkan.

Kemenpora Belum Bisa Pastikan Kapan Liga 1 Diizinkan Lanjut
Kemenpora belum bisa pastikan kapan Liga 1 diizinkan untuk lanjut. Gambar : VIVA/Robi Yanto

BaperaNews - Nasib Liga 1 2022/2023 yang terhenti akibat tragedi Kanjuruhan kini masih jadi tanda tanya. Belum ada yang bisa memastikan kapan Liga 1 akan dilanjutkan, termasuk Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainuddin Amali.

Zainuddin  Amali menyebut ia belum tahu, sebab belum ada izin dari pihak kepolisian untuk menjalankan kompetisi tersebut. Ia juga tidak tahu kapan polisi akan memberi izin. Kemenpora yang merupakan penghubung antara Kepolisian dan Pemerintah mengaku akan mengupayakan agar segera keluar izinnya.

“Mudah-mudahan ya, karena izin itu semua dari polisi, lampu merah kuning hijau itu semua dari polisi” ujarnya.

Adapun upaya yang dilakukan Kemenpora ialah dengan mengadakan Rapat Koordinasi dengan Kepolisian, Rakor yang tengah digelar salah satunya membahas tentang izin kompetisi, namun pihak kepolisian masih mempertimbangkannya.

“Belum ada informasi dari kepolisian, biasanya kalau sudah ada, saya sudah diberitahukan, saya sudah rapat koordinasi namun sampai sekarang belum dapat informasi apapun dari polisi” terangnya.

Baca Juga : PT LIB: Ingin Liga 1 2022-2023 Lanjut dan Sesuai Jadwal Awal

PT LIB (Liga Indonesia Baru) selaku panitia Liga 1 sebelumnya menyebut ada tiga opsi tentang kelanjutan Liga 1, yakni diusahakan untuk bisa lanjut pada 18 November, 25 November, atau 2 Desember 2022.

PT LIB juga menegaskan bahwa kompetisi harus bisa selesai pada 16 April 2023 sesuai dengan jadwal semula. Maka dengan kondisi demikian, diperkirakan jadwal Liga 1 akan sangat padat mengingat sudah begitu banyak waktu yang terpangkas.

PT LIB juga membuka opsi melanjutkan laga dengan format sentralisasi, sebab sejumlah klub saat ini tidak bisa memakai stadionnya, banyak stadion sedang direnovasi untuk persiapan Piala Dunia U-20 2023 agar benar-benar sesuai dengan standar FIFA baik dari sisi keamanan maupun kenyamanan.

Tragedi Kanjuruhan tidak hanya meninggalkan luka dan trauma untuk para korban dan keluarga korban, namun para pemain sepakbola saat ini juga risau, begitu banyak jadwal mereka tertunda hingga waktu yang belum bisa ditentukan.

Padahal mereka juga harus bersiap untuk laga-laga berikutnya. Jika terlalu lama ditunda, pemberian jadwal terlalu padat untuk Liga 1 tentu beresiko berpengaruh pada kesehatan pemain yang bisa berdampak pada jalannya laga.

Kemenpora bersama pihak terkait berjanji akan sebaik mungkin mencari upaya agar Liga 1 2022/2023 bisa kembali dijalankan.

Baca Juga : Sempat Ditolak, Kini JIS Dipilih PSSI Untuk Piala AFF 2022