Kejurnas Panahan 2023 Dimulai, Fahd A Rafiq: Agar Bina Atlet Menuju PON dan Olimpiade

Ketua Umum DPP Bapera, Fahd A Rafiq, menyatakan Kejurnas Panahan 2023 menjadi tolak ukur atlet menuju PON 2024 dan Olimpiade 2024.

Kejurnas Panahan 2023 Dimulai, Fahd A Rafiq: Agar Bina Atlet Menuju PON dan Olimpiade
Kejurnas Panahan 2023 Dimulai, Fahd A Rafiq: Agar Bina Atlet Menuju PON dan Olimpiade. Gambar : Dok.Istimewa

BaperaNews - Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Panahan Tahun 2023 secara resmi dibuka di Stadion GOR Padjajaran, Bogor, Jawa Barat kemarin.

Kejurnas yang berlangsung hingga 27 November ini juga sekaligus menjadi kualifikasi menuju Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/2024 di Aceh dan Sumatera Utara.

Dalam sambutan pembukaannya, Menpora mengucapkan terima kasih kepada Pengurus Besar Perpani atas penyelenggaraan kejuaraan yang diikuti 718 atlet panahan dari 35 provinsi ini. Ia berharap kejurnas dapat menjadi tolak ukur dan evaluasi bagi program pembinaan atlet panahan Indonesia.

Ketua Umum DPP Bapera Fahd El Fouz A Rafiq menyampaikan bahwa kejurnas ini akan menjadi tolak ukur evaluasi para atlet yang pastinya berlomba untuk memperebutkan tiket menuju ke olimpiade.

“Kejuaraaan Nasional ini pastinya akan menjadi tolak ukur para atlet menuju ke PON 2024 di Aceh Sumut, semoga nantinya dengan ada prestasi gemilang dari atlet atlet yang juara pada kejurnas ini dapat menjadi perwakilan yang hebat bagi Indonesia di Paris Olimpyic 2024.” Ujar Fahd A Rafiq, Selasa (21/11).

Menpora berharap para atlet muda yang tampil di kejurnas ini bisa mengambil inspirasi dari para senior sekaligus legenda panahan Indonesia seperti mendiang Kusuma Wardhani, Arif Dwi Pangestu, dan Diananda Choirunisa. Mereka telah membuktikan dengan kerja keras, atlet panahan Indonesia mampu berprestasi di kancah dunia.

Dari sisi pembinaan, Menpora menegaskan Kemenpora akan terus mendukung upaya peningkatan kapasitas atlet dan pengurus perpanahan. Menpora optimistis cabang olahraga panahan bisa kembali mencetak prestasi membanggakan di berbagai event internasional.

“Diharapkan semua atlet dapat tampil baik hingga event selesai dan dapat membuat evaluasi yang dihasilkan dapat dimanfaatkan para atlet untuk berkembangan menjadi lebih baik.” Ujar Fahd A Rafiq, Selasa (21/11).

Apalagi saat ini kondisi atlet-atlet Indonesia semakin diperhatikan dan dijaga kesejahteraannya oleh pemerintahan Presiden. Dengan bekal itu, para atlet panahan harus bermimpi lebih tinggi dan yakin bisa meraih prestasi tertinggi, tidak hanya di tanah air tapi juga di dunia internasional.

Dengan berlangsunganya Kejurnas Panahan 2023 ini, PB Perpani dan jajaran kepelatihan di bawahnya memiliki kesempatan untuk mengevaluasi perkembangan atlet-atlet potensial. Sehingga program pembinaan ke depan bisa lebih terarah dan berkualitas demi mempersiapkan atlet terbaik Indonesia menuju PON XXI dan Olimpiade 2024 mendatang.

Penulis : Ahmad G