Kejuaraan Paralayang Internasional Tunjuk Banyuwangi sebagai Tuan Rumah

Kejuaraan paralayang internasional tunjuk Banyuwangi sebagai tuan rumah di International Paragliding Accuracy Championship (IPAC) 2024. Simak Selengkapnya!

Kejuaraan Paralayang Internasional Tunjuk Banyuwangi sebagai Tuan Rumah
Kejuaraan Paralayang Internasional Tunjuk Banyuwangi sebagai Tuan Rumah. Gambar : Unsplash/Oktomi Jaya

BaperaNews - Puncak Gunung Menyan, Banyuwangi, akan menjadi saksi penyelenggaraan International Paragliding Accuracy Championship (IPAC) 2024 Category 2 (Cat 2) pada 25-28 Mei 2024. 

Kejuaraan paralayang internasional ini merupakan bagian dari rangkaian series IPAC, diselenggarakan atas kerjasama antara Pemerintah Kabupaten Banyuwangi dan Federasi Aero Sport Indonesia (FASI) Banyuwangi.

Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani, menyambut gembira keputusan menjadikan Banyuwangi sebagai tuan rumah kejuaraan ini. Ia menyatakan bahwa hal ini merupakan penghargaan bagi Gunung Menyan sebagai salah satu spot paralayang terbaik di Indonesia. 

Dengan potensi alamnya yang memukau, Gunung Menyan menjadi destinasi yang layak untuk dikembangkan dalam bidang sport tourism.

Sebanyak 87 peserta dari dalam dan luar negeri telah mendaftar untuk mengikuti kejuaraan ini. Mayoritas peserta berasal dari berbagai daerah di Indonesia, seperti Papua, Sulawesi Tengah, Jawa Barat, Jawa Tengah, Aceh, dan Jawa Timur. 

Sementara itu, terdapat juga peserta dari negara-negara lain, seperti Rumania, Uni Emirat Arab, Malaysia, dan Nepal.

Baca Juga : Kisah Nenek Usia 104 Meninggal Dunia, Usai Pecahkan Rekor Terjun Payung

Pesona Gunung Menyan, dengan ketinggian 730 meter di atas permukaan laut, memberikan pengalaman paralayang yang unik dengan pemandangan alam yang memesona. 

Gunung Menyan, yang merupakan bagian dari gunung api purba berusia 33 juta tahun, menawarkan keindahan lanskap pegunungan serta perkotaan Banyuwangi.

Bupati Ipuk Fiestiandani menekankan bahwa kejuaraan ini bukan hanya sekadar ajang olahraga, tetapi juga sebagai upaya untuk mempromosikan Banyuwangi kepada dunia internasional. 

Fiestiandani berharap para atlet yang berpartisipasi dapat membawa kesan positif tentang Banyuwangi dan memperkenalkannya di negara asal mereka.

Plt Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Banyuwangi, Alfin Kurniawan, menambahkan bahwa kejuaraan paralayang internasional seri 2 Cat 2 ini akan memperlombakan 4 nomor, yakni umum, putri, beregu, dan junior under 26 (U-26). 

Selain mendukung pengembangan destinasi wisata dirgantara, kejuaraan IPAC 2024 ubu juga diharapkan dapat mencetak atlet-atlet baru yang berbakat dalam cabang olahraga paralayang.

Baca Juga : Viral Terjun Payung Anggota TNI AU Mendarat di Atap Rumah Warga