Kartu Prakerja 2024 Resmi Dibuka, Begini Cara Daftarnya!

Program Kartu Prakerja kembali dibuka untuk periode tahun 2024. Simak lebih lanjut syarat dan cara daftar Kartu Prakerja 2024.

Kartu Prakerja 2024 Resmi Dibuka, Begini Cara Daftarnya!
Kartu Prakerja 2024 Resmi Dibuka, Begini Cara Daftarnya! Gambar : Ilustrasi/infotangerang.id

BaperaNews - Pendaftaran Kartu Prakerja 2024 telah dibuka dan individu yang belum memiliki akun Prakerja diundang untuk segera mendaftar melalui situs resmi www.prakerja.go.id.

Program ini bertujuan untuk mengembangkan kompetensi kerja dan kewirausahaan, terbuka bagi pencari kerja, pekerja/buruh yang terkena pemutusan hubungan kerja, dan pelaku usaha mikro dan kecil.

Dalam pengumuman resmi, Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja, Denni Purbasari, menegaskan kelanjutan program ini dengan menawarkan sejumlah keuntungan menarik bagi calon peserta. 

Pernyataan tersebut disampaikan dalam konferensi internasional bersama UIL (The UNESCO Institute for Lifelong Learning) di Badung, Bali, pada Senin (3/7/2023).

Syarat untuk mendapatkan Kartu Prakerja adalah menjadi warga negara Indonesia yang berusia minimal 18 tahun dan maksimal 64 tahun, serta tidak sedang mengikuti pendidikan formal. 

"Kartu Prakerja adalah program pengembangan kompetensi kerja dan kewirausahaan yang ditujukan untuk pencari kerja, pekerja/buruh yang terkena pemutusan hubungan kerja, dan/atau pekerja/buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi," jelas pernyataan resmi Prakerja.

Salah satu keuntungan memiliki akun Prakerja adalah kemampuan untuk bergabung dalam gelombang seleksi Prakerja sesuai dengan memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan. 

Baca Juga : Kedubes AS Buka Lowongan Kerja, Gaji Capai Rp13 Juta!

Pemegang akun dapat mengakses program pembelajaran mandiri di #TalentaAIIndonesia, yang fokus pada topik AI, Data, atau Cybersecurity dengan kurikulum standar industri.

"Pemegang akun Prakerja 2024 juga memiliki peluang untuk memenangkan beasiswa Microsoft Certification senilai 100 dolar AS. Mereka juga bisa memanfaatkan festival pelatihan dua bulanan, #IndonesiaSkillsWeek, untuk memperoleh pelatihan gratis atau dengan biaya rendah," kata sumber internal Prakerja.

Fokus utama program ini adalah mengembangkan keterampilan di bidang AI, Data, dan Cybersecurity.

Prakerja 2024 bekerjasama dengan berbagai pihak, termasuk Microsoft. Pendaftar memiliki kesempatan untuk memperdalam pemahaman mereka dalam AI, Data, dan Cybersecurity, memungkinkan mereka menjadi lebih siap dan adaptif dalam menghadapi tantangan industri di masa depan.

Proses pendaftaran Kartu Prakerja 2024 dimulai dengan membuka tautan resmi pada https://dashboard.prakerja.go.id/daftar. 

Calon peserta diharapkan untuk mengikuti langkah-langkah registrasi, termasuk verifikasi identitas, pengisian data diri, unggah foto e-KTP, pemindaian wajah, dan menjawab pertanyaan terkait motivasi mengikuti program.

Langkah berikutnya melibatkan pengisian preferensi pelatihan dan keterampilan yang ingin dikembangkan. Pendaftaran juga melibatkan verifikasi nomor HP untuk memastikan komunikasi efektif. 

Proses selanjutnya mencakup pernyataan pendaftar dan menjalani Tes Kemampuan Dasar (TKD) sebagai bagian dari penilaian. Pendaftaran akun Prakerja dapat diakses melalui situs resmi www.prakerja.go.id.

Baca Juga : Kementerian ATR/BPN Buka Lowongan Kerja, Dibuka Hingga 21 Januari 2024