Jonner Partaonan Harahap Edukasi Generasi Muda terkait Bahaya Narkoba

Jonner Partaonan Harahap, anggota DPRD PALUTA, kampanyekan bahaya narkoba di Halongonan Timur.

Jonner Partaonan Harahap Edukasi Generasi Muda terkait Bahaya Narkoba
Jonner Partaonan Harahap Edukasi Generasi Muda terkait Bahaya Narkoba. Gambar: Dok. Istimewa
Jonner Partaonan Harahap Edukasi Generasi Muda terkait Bahaya Narkoba

BaperaNews - Jonner Partaonan Harahap, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Padang Lawas Utara (DPRD PALUTA) dari Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Pembina Dewan Pimpinan Daerah Kabupaten Padang Lawas Utara Gerakan Anti Narkoba dan Zat Adiktif Nasional (DPD GARNIZUN PALUTA), dan juga Ketua DPK BAPERA Halongonan Timur, menyampaikan bahwa bahaya narkoba sangat merusak generasi muda penerus bangsa dan sendi-sendi tatanan kehidupan serta perekonomian masyarakat.

"Generasi muda harus tahu bahaya narkoba, Pemuda anti narkoba selalu dekat dengan Tuhan Yang Maha Esa, bukan pada narkoba," ucap Jonner Partaonan Harahap di Kantor Kecamatan Halongonan Timur, Rabu (7/8).

Beliau menjelaskan bahaya-bahaya jenis narkoba di antaranya, ganja dapat menyebabkan infeksi paru-paru, gangguan kehamilan dan kesehatan bayi, serangan jantung, serta menurunnya fungsi otak.

Heroin dapat menyebabkan infeksi katup jantung, berat badan menurun drastis, penyakit hati dan ginjal, serta kematian. Ekstasi dapat menyebabkan perilaku impulsif dan agresif, gairah dan kepuasan seksual menurun, kesulitan mengingat dan berkonsentrasi, serta kecemasan yang berlebihan.

Sabu dapat menyebabkan risiko terkena infeksi HIV/AIDS, gigi dan gusi hancur, gatal kronis hingga menyebabkan luka-luka, halusinasi, dan kecemasan yang berlebihan.

"Katakan tidak pada narkoba!!! Dan janganlah kamu membunuh dirimu, sesungguhnya Allah Maha Penyayang kepadamu," (Q.S. An Nisa: 29) imbuh Jonner Partaonan Harahap.

Jonner Partaonan Harahap sekaligus membagikan 14 buah spanduk bertuliskan "Generasi Muda Harus Tahu Bahaya Narkoba" kepada Camat Halongonan Timur untuk dipasang di setiap desa se-Kecamatan Halongonan Timur.

(Haryan Harahap).