Jokowi: Teknologi Tak Akan Bisa Kalahkan Manusia

Presiden Jokowi meyakinkan bahwa teknologi, termasuk AI, tidak akan pernah mengalahkan keunggulan manusia.

Jokowi: Teknologi Tak Akan Bisa Kalahkan Manusia
Jokowi: Teknologi Tak Akan Bisa Kalahkan Manusia. Gambar : Dok. BPMI Sekretariat Presiden

BaperaNews - Presiden Jokowi meminta semua pihak untuk tidak takut dengan AI (Artificial Intellegence) yang disebut sebagai teknologi kecerdasan buatan luar biasa dan bisa menyamai bahkan mengalahkan manusia. Menurutnya, teknologi adalah buatan manusia sehingga tetap tidak akan bisa kalahkan manusia.

“Sekali lagi jangan takut dengan mesin kecerdasan buatan, dengan AI (Artificial Intellegence). Teknologi tidak bisa kalahkan manusia, percaya itu. Teknologi punya mesin dengan chip tapi manusia punya hati dan rasa yang mesin tidak punya” kata Presiden Jokowi ketika memberi sambutan di acara Dies Natalis ke-60 Institut Pertanian Bogor hari Jumat (15/9).

Dies Natalis sendiri ialah peringatan hari lahir perguruan tinggi yang dianggap sebagai peristiwa penting pertanda awal perjalanan pendidikan suatu lembaga pendidikan.

Lembaga pendidikan berperan sebagai salah satu pihak yang mengenalkan teknologi kepada mahasiswanya agar kelak bisa dipakai di berbagai aspek kehidupan dan mendatangkan manfaat besar untuk masyarakat.

Jokowi kemudian bercerita tentang gelaran event internasional seperti G7 dan G20 dimana dalam pembahasan, sejumlah negara menyampaikan ketakutannya pada AI (Artificial Intellegence) salah satunya karena belum ada regulasi yang mengatur sehingga dikhawatirkan banyak disalahgunakan dan tidak dimanfaatkan sesuai fungsinya misalnya menggantikan terlalu banyak tugas manusia yang berdampak pada meningkatnya pengangguran. 

Baca Juga : Bos ChatGPT Jadi Orang Asing Pertama Dapat Golden Visa RIC

“Waktu di G7 dan G20 juga ASEAN Summit semuanya bicara soal AI, takut sekali semua negara pada AI. Karena regulasi belum ada, aturan main belum ada, AI lari terus dan berubah-ubah, semuanya dibicarakan. Artinya memang perlu antisipasi dan bersiap diri” lanjutnya.

Meski memang perlu diantisipasi, Jokowi tetap yakin manusia yang merupakan ciptaan Tuhan tetap lebih unggul dan mulia dibanding teknologi.

Jokowi menghimbau agar semua orang tidak alergi dengan teknologi kecerdasan buatan dengan tetap belajar teknologi agar manusia bisa memanfaatkan teknologi tersebut untuk semua aspek kehidupan.

“Saya percaya ciptaan Allah SWT akan selalu lebih unggul dan mulia. Sebab itu saya ingin IPB jadi sarana menghasilkan insan unggul yang tidak hanya kompeten di bidang akademik. Ini sekali lagi saya minta jangan alergi dengan teknologi. Jangan hindari perubahan teknologi, jangan takut dengan mesin cerdas AI” pungkas Presiden Jokowi.

@baperanews.com Presiden Jokowi meminta semua pihak untuk tidak takut dengan AI (Artificial Intellegence) yang disebut sebagai teknologi kecerdasan buatan luar biasa dan bisa menyamai bahkan mengalahkan manusia. Menurutnya, teknologi adalah buatan manusia sehingga tetap tidak akan bisa kalahkan manusia. #jokowi#AI#teknologi#baperanews ♬ News - AShamaluevMusic

Baca Juga : Viral! Pernikahan Pakai Penghulu ChatGPT Bukan Manusia